Strategi Menjadi Juara Story Telling

 

menang story telling

Kompetisi Story telling bukanlah kompetisi yang mudah dimenangkan. Tanpa persiapan dan strategi yang matang, tentunya akan susah menghadapi pesaing-pesaing yang sudah berpengalaman. Berikut ini strategi yang bisa kalian lakukan untuk bisa unggul dengan pesaing-pesaing handal.


Cara Bercerita yang Benar

Dalam menyampaikan cerita, ternyata ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk membuatnya menjadi menarik. Membuat seseorang terpaku dengan ceritamu mungkin terdengar menantang. Namun, sebagai seorang storyteller, ada beberapa langkah utama yang harus kamu lakukan saat melakukan kegiatan storytelling:

1. Mulai dengan hal yang menarik perhatian pendengarmu

2. Pastikan ceritamu memiliki inti yang menarik

3. Atur alur cerita dari mulai konflik, klimaks, hingga solusi dan kesimpulan

4. Jangan terlalu fokus pada detail, fokus pada hal yang membuat ceritamu menarik

5. Akhiri ceritamu dengan kejutan!



Latih Kepercayaan Dirimu

Menjadi storyteller, juga berarti kamu harus punya kepercayaan diri untuk berbicara di depan orang-orang. Ini saatnya kamu mulai membangun kepercayaan dirimu, terutama dalam berbicara di depan orang lain. Bagaimana melatih kepercayaan diri? Ada beberapa poin yang bisa kamu praktekan dari rumah:

1. Latih pengetahuanmu mengenai hal yang ingin kamu sampaikan

Saat kamu tahu betul apa yang ingin kamu sampaikan, saat itulah kepercayaan dirimu akan meningkat ketika menyampaikan hal tersebut

2. Tersenyum!

Coba tersenyum yang lebar saat kamu sedang bercerita di depan orang lain! Apakah kamu tahu bahwa senyum bisa menular? Sebarkan energi positifmu dengan tersenyum setiap kamu bercerita, niscaya kepercayaan dirimu akan meningkat bersamanya!

3. Banyak berbicara dengan orang lain

Selama di rumah, kamu bisa mempraktekkan ini pada keluargamu. Coba untuk berbicara dengan mereka, bukan hanya sebagai pencerita namun juga sebagai pendengar

4. Berlatih berbicara di depan cermin

Kamu bisa coba untuk berlatih berbicara atau menyampaikan cerita di depan cermin, dengan demikian kamu akan menyadari bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten!


Kembangkan Kreativitas serta Imajinasimu

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan penceritaan. Tapi apa kamu tahu? Banyak orang merasa berimajinasi merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Menjadi kreatif memang memiliki tantangan sendiri, tapi bukan berarti hal itu mustahil loh! Menurut penelitian, bahkan imajinasi bisa dikembangkan dengan beberapa tips mudah, yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Kamu bisa memulainya dari 2 poin di bawah ini:


1. Latih kreativitasmu dengan merekam ide-ide baru yang mendadak muncul di kepalamu, dan kemudian mencoba mengembangkannya. Kreativitas dan imajinasi bisa dikembangkan dari sebuah ide yang sederhana, kemudian kamu bisa menggabungkannya dengan gagasan-gagasan lain untuk melahirkan sebuah ide baru.

2. Tantang juga dirimu untuk melangkah ke ranah baru yang kamu sebelumnya tidak pernah coba. Niscaya, kamu akan menemukan ide-ide segar yang kamu tidak pernah pikirkan sebelumnya!





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya