Syarat Wajib Menjadi Barista


Profesi barista di coffee shop tentunya sangat ideal bagi orang yang sangat suka dengan kopi, industri kuliner, atau mungkin bagi anak muda yang menginginkan kerja sampingan. Banyak anak muda pun mendambakan menjadi seorang barista. Hanya saja, ternyata profesi ini tidak semudah yang dibayangkan.

Sebenarnya tugas barista sangat komprehensif dari mulai mencari kopi terbaik, dapat menjelaskan kopi yang dipilihnya, menguasai alat-alat yang digunakan, menjalankan teknik meracik kopi dengan baik dan bersih, dan menyajikan kopi dengan rapi.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menjadi seorang barista atau gimana seseorang itu disebut sebagai barista.

    Paham kopi dari hulu ke hilir

Jadi dia harus tahu petaninya darimana, latar belakangnya darimana, rindunya darimana, sampai jadi segelas kopi kalian harus paham. Ketika customer bertanya, si barista bisa menjelaskan dengan baik dan benar gimana proses kopi itu.

    Paham berbagai metode seduh

Sekarang ini ada dari mesin Espresso dan ada alat - alat manual. Si barista harus paham pemakaian mesin Espresso gimana, pemakaian alat - alat manual yang berbagai macam itu gimana. Jadi, mereka paham menghasilkan rasa kopi yang enak dari berbagai alat itu.

    Punya pelayanan dan pendekatan yang baik

Kenapa ini penting ? Karena ini termasuk hospitality pelayanan sama customer. Seorang barista kalau tidak tahu keinginan customer, sama aja bohong. Jadi, ketika barista bekerja di suatu kafe dan dia udah paham keinginan customernya, maka dia akan menjadi barista yang berhasil.

    Mengerti kalibrasi

Tujuannya kalibrasi supaya setiap hari Espresso yang dihasilkan rasanya sama agar customer tidak complain dengan konfederasi yang berubah - ubah.

    Punya signature drink

Ketika si barista berhasil meracik kopi dan menjadikannya satu resep yang bisa dijual di kafe, itu bakalan jadi poin penting. Karena hanya kafe itu yang jual resepnya dengan racikan barista itu sendiri.

    Paham produk yang dijual

Setiap kafe mempunyai produk - produk beda atau produk - produk sendiri. Mungkin dari penjualan holbein, biji dari kopi yang dipakai, racikan OST Blend di kafe itu gimana, ya si barista harus paham itu semua. Kenapa ? Karena siapa lagi yang akan menjelaskan produknya selain si barista tersebut.

    Latte art (?)

Seorang barista tidak harus bisa latte art. Segelas cappuccino atau kopi latte yang berbentuk art itu adalah sebuah bonus untuk minuman yang enak. Jadi intinya minuman itu harus enak dulu baru latte artnya.

    Sertifikasi (?)

Jadi banyak orang yang mengatasnamakan dia seorang barista karena sudah lulus sertifikat. Kalau menurut saya itu enggak harus. Ketika seorang barista bisa menguasai poin - poin yang saya sebut diatas, menurut saya udah dikatakan sebagai seorang barista tanpa sertifikat.

Berikut video syarat wajib menjadi barista


Kredit : Biji Hitam

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya