Tips Belajar Bahasa Jepang

bahasa jepang


Bahasa Jepang terbagi atas dua bentuk, yaitu Hyoujungo (pertuturan standar) dan Kyoutsugo (pertuturan umum).Hyoujungo adalah bahasa baku Jepang yang diajarkan di sekolah, sedangkan Kyoutsugo adalah bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.Menguasai kedua jenis Bahasa Jepang tersebut tidaklah sulit. Sama seperti belajar bahasa lain, berlatih adalah kunci sukses belajar bahasa Jepang. Untuk  memudahkan kamu dalam proses belajar, berikut ini cara cepat belajar Bahasa Jepang dengan mudah. Simak yuk!

Perbaiki Niat

Niat yang kuat adalah salah satu elemen terpenting dalam mempelajari bahasa Jepang secara cepat. Dengan niatan yang memang dilandasi dari dasar hati dan keinginan kuat untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang, belajar bahasa Jepang akan tetap bisa dijalani dan dipahami secara cepat tanpa ada halangan apapun.

Meskipun ada halangan seperti sakit, tidak sempat belajar atau halangan-halangan lainnya, karena memang sudah dilandasi oleh niat yang kuat, pasti semua halangan tersebut dapat dilawan dengan mudah dan akhirnya kita akan dengan lancar memahami bahasa Jepang.

Memang, pada hakikatnya, niat adalah modal yang sangat penting untuk kita melakukan suatu hal. Jadi, untuk mereka yang benar-benar ingin menguasai bahasa Jepang, bulatkanlah tekad untuk mempelajarinya karena memang niatlah yang menjadi salah satu cara cepat untuk kita mempelajari bahasa Jepang.


Temukan Alasanmu


Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan mencari alasan kenapa kita harus mempelajarinya. Banyak orang yang berhenti ditengah jalan karena  tidak memiliki alasan untuk belajar bahasa  Jepang.

Padahal, alasan-alasan inilah yang kelak dapat membantu dan memotivasi kita dalam belajar bahasa Jepang. Alasannya pun berbagai macam sebenarnya, bisa alasan karena kita ingin jalan jalan ke Jepang, bisa karena kita menyukai anime Jepang atau yang paling ekstrim, karena kita ingin menikahi orang Jepang. Oleh karena itu, carilah alasan sebanyak-banyaknya agar kamu bisa mulai belajar bahasa Jepang hingga menjadi seorang expert.


Tonton Film Jepang


Hampir semua orang mengetahui anime Jepang seperti One Piece, Naruto, Basara, dan masih banyak lagi. Harus diakui bahwa popularitas anime Jepang meningkat karena kualitas anime itu sendiri.

Selain menarik untuk ditonton, anime Jepang bisa jadi salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan menonton anime Jepang ini, kita pun senantiasa terbawa alur cerita yang menarik hingga akhirnya menarik minat kita untuk mempelajari dan memahami bahasanya.

Menonton anime akan membuat kita familiar dengan kosakata bahasa Jepang. Sedikit-sedikit kita akan ikut-ikutan melafalkan beberapa kosakata yang ada di dalam anime. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit, kan? Begitupula halnya dengan mempelajari bahasa Jepang ini.

Bicara Dalam Bahasa Jepang.


Ketika kita sudah benar-benar paham dan peka akan kalimat-kalimat berbahasa Jepang, ada baiknya kita perlahan mencoba untuk mengucapkannya. Mulai dari kalimat yang paling mudah, hingga  yang sulit. Lama kelamaan, apa yang kita pelajari dan kita praktekan tersebut akan dengan mudah terserap dalam otak dan kita akan memahami bahasa Jepang dengan cepat.

Menulis


Menulis adalah kegiatan yang dapat merefleksi otak untuk mengingat sesuatu.  Oleh karena itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan menulis kalimat-kalimat berbahasa Jepang.
Sambil menyelam minum air. Metode ini jelas sangat efektif karena kita akan berpikir sekaligus melafalkan ketika kita menulis. Oleh karena itu, untuk kamu yang hendak memahami bahasa Jepang dengan cepat, metode menulis kalimat Bahasa Jepang wajib kamu praktekkan.

Pertajam Motivasi


Segala sesuatu membutuhkan motivasi. Maka dari itu, cara cepat belajar Bahasa Jepang selanjutnya adalah memperkuat motivasi. 

Motivasi adalah suatu dorongan yang dapat membuat seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi perkuatlah motivasi-motivasi yang dapat membuat kamu berhasil dalam belajar Bahasa Jepang. Dengan begitu kita akan tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang secara tekun dan rutin.

Baca Artikel Bahasa Jepang


Banyak membaca, berarti banyak yang kita tahu. Ya, inilah salah satu cara cepat belajar bahasa Jepang. Dengan membaca bacaan bahasa Jepang, kita akan tahu bagaimana susunan kalimat-kalimat bahasa Jepang.

Membaca artikel berbahasa Jepang ini tentu dapat membantu kita dalam menyempurnakan teknik membaca kita dalam bahasa Jepang dengan cepat.

Supaya lebih cepat dan lebih berkembang lagi, kamu bisa mengkombinasikannya antara membaca dengan mendengarkan yaitu dengan bantuan media televisi ataupun film yang memiliki subtitle berbahasa Jepang.

Belajar kata dasar bahasa Jepang


Untuk mempelajari sesuatu, ada baiknya kita mempelajarinya dari dasar. Salah satu cara cepat belajar Bahasa Jepang  adalah dengan mempelajari dasar Bahasa Jepang.

Dasar Bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari seperti bagaimana penulisan angka dalam Bahasa Jepang, kata ganti dalam Bahasa Jepang, dan kata sapaan dalam Bahasa Jepang.
Prinsipnya, pembelajaran yang dimulai dari dasar kelak akan membawa kita dalam puncak penguasaan. Jadi, pelajarilah bahasa Jepang mulai dari dasar terlebih dahulu. 


Belajar Tata Bahasa Jepang


Cara cepat belajar Bahasa Jepang berikutnya adalah mempelajari tata bahasanya. Tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur mengenai penggunaan bahasa.Maka setelah kita sudah menguasai tentang kata-kata dasar bahasa Jepang, selanjutnya adalah mempelajari tata bahasa Jepang.

Kamu bisa mulai dengan belajar cara menyusun kalimat dalam konteks masa sekarang, masa lalu, masa yang akan terjadi, dan juga masa yang sudah terjadi secara benar.

Kenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang


Ketika belajar bahasa, hal pertama yang harus kamu pahami adalah huruf dan pelafalan dari bahasa tersebut.Oleh karena itu, kita perlu mengenali huruf serta pelafalan bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, kita mengenal empat daftar huruf diantaranya adalah Hiragana, Romaji, Katakana dan juga Kanji.

Perbedaan dari huruf Hiragana dan Katakana terletak pada kapan huruf tersebut digunakan. Huruf hiragana digunakan di dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan huruf katakana hanya digunakan untuk kata-kata serapan dari bahasa asing.

Perbanyak Kosakata Bahasa Jepang


Cara cepat belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan memperbanyak kepustakaan kosakata bahasa Jepang. Oleh karena itu, untuk mereka yang ingin menguasai bahasa Jepang, ada baiknya mereka membuat semacam target dalam sehari harus menguasai seberapa banyak kosakata bahasa Jepang.

Kepustakaan kosakata bahasa Jepang itu bisa digali melalui bacaan-bacaan berbahasa Jepang ataupun acara-acara TV yang memang menggunakan bahasa Jepang. Untuk mempelajari kosakata baku, kamu dapat membaca koran.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya