Tips Belajar Efektif


Kredit by google

Hai good people, kembali lagi dengan aku, kali ini aku akan memberikan Tips Belajar Efektif. Kebanyakan dari kita, kita akan belajar disaat-saat genting, contohnya, kalau mau menghadapi ujian, maka kita sering kali menggunakan sistem kebut semalam. Hal ini ada segi positif dan negatif nya. Pada Segi positif kita akan ingat materi yang sudah kita pelajari semalam, tetapi segi negatif nya, kita akan lupa materi tersebut jika sudah selesai menggerjakan ujian.

Hal ini dikarenakan kita sekedar tau tentang materi tersebut, tetapi tidak mengetahui isi dan kandungan di dalam materi tersebut. Oleh karena itu kita akan mudah lupa materi yang sudah kita pelajari tersebut. Dengan anda memahami dan melaksanakan Tips berikut ini, anda akan belajar dengan cara yang benar, dan tentunya materi yang anda pelajari akan tetap ada didalam otak anda. Simak Tips-tips berikut ini.


Teknik Feynman

Teknik ini diciptakan oleh Richard P. Feynman, dia adalah seorang ilmuan dan pengajar fisika terkenal dari Amerika yang pernah mendapatkan Nobel Prize. Kembali lagi kepada Teknik belajar Feynman, Teknik ini mengajarkan kalau kita ingin belajar dengan hasil yang maksimal dan tidak akan lupa dengan materi yang kita pelajari, kita bisa mencoba untuk mengajarkan materi yang kita pelajari kepada orang lain. Dengan kitaa mengajarkan pada orang lain, maka kamu akan berusaha untuk membuat dirimu paham terlebih dahulu, kemudian kamu baru dapat membantu orang lain paham. Langkah-langkah untuk melakukan Teknik ini adalah:

- Tentukan hal yang ingin kamu pahami
Pilihlah materi yang akan kamu ajarkan ke orang lain, tentunya materi tersebut juga materi yang akan  kamu pelajari juga.

- Tulis ulang materi yang kamu pelajari
Dengan kamu menulis ulang materi yang akan kamu ajarkan ke orang lain, kamu akan selalu mengingat materi tersebut. Ubahlah bahasa materi tersebut ke bahasa yang mudah kamu pelajari dan mudah untuk kamu hafalkan. Jangan terpatok dengan satu sumber, hal ini dikarenakan saat kamu menggunakan beberapa sumber untuk kamu tulis ulang materinya, kamu akan mendapatkan referensi bahasa dari berbagai sumber dan berbagai jenis cara penyampaiannya.

- Cek hasil penjelasanmu
Cek hasil penulisan ulang materi kamu, apakah sudah sesuai dengan ekspetasi kamu atau belum. Kemudian jika kamu menuai kesalahan maka lakukan

- Revisi
Pastikan lagi catatan kamu tersebut mudah untuk di hafal dan isinya lengkap, nah di tahap ini kamu akan mengerti dengan mudah materi tersebut, karena rasa penasaran kamu tentang meteri ini akan terbayarkan saat kamu benar-benar meneliti betul materi yang akan kamu ajarkan ke orang lain. Tentunya saat kamu Mengajarkan materi tersebut, kamu harus terlihat menguasai materi tersebut.

- Jelaskan catatan materi pada orang lain
Nah dengan kamu menjelaskan isi dari catatan kamu ke orang lain, secara tidak langsung kamu akan mengevaluasi kemampuan kamu membuat bahasa, dan konteks catatan kamu yang berisi dari beberapa sumber. Dengan itu orang lain akan memberikan masukan kepada kamu mengenai catatan yang kamu buat untuk mereka. 


Nah itu tadi adalah tips belajar Efektif, video kali ini akan membantu kamu dalam hal Belajar Efektif, simak video berikut ini!.



Kredit video by Satu Persen - Indonesia life School


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya