Tips lolos Interview Online


Kredit foto by hipwee.com


Interview merupakan tes akhir saat anda melakukan pelamaran kerja ke Perusahaan yang anda lamar. Interview biasanya menjadi momok tersendiri bagi para pelamar kerja. Rasa gugup seringkali menyertai kita pada saat melakukan Interview. Seringkali kita berbicara terbata-bata karena gugup bertatapan langsung dengan HRD perusahaan. Untuk itu kali ini saya akan memberikan tips kepada anda agar lolos tes Interview.

Berbicara Interview, saat pandemi seperti sekarang ini Interview biasanya dilakukan dengan cara daring lewat Zoom meeting / Google meet. Interview dengan cara daring menimbulkan dampak positif tetapi ada juga sisi negatifnya. Sisi positifnya, kamu tidak bertatapan secara langsung kepada HRD, tetapi sisi negatifnya, apabila jaringan internet kamu lemah ini akan berdampak sangat fatal, dan jangan melakukan interview di tempat yang ramai. Simak Tips-tips berikut!.


- Berpakaian Rapi dan Formal

Walaupun kamu Interview secara Online / Daring, kamu harus tetap menggunakan baju yang Sopan dan Rapi, walaupun tidak harus menggunakan sepatu dan celana yang rapi. Dengan memperlihatkan baju yang kamu kenakan rapi dan sopan, kamu sudah mendapatkan nilai tambah dari HRD.

- Persiapkan diri

Kalian harus belajar cara merespon pertanyaan-pertanyaan dari HRD yang dilontarkan ke anda. Pusatkan pandangan kita ke camera, 

- Siapkan kepribadian

Persiapkan segala materi yang akan kamu presentasikan kepada HRD, materi dari bidang yang kamu pilih wajib harus kamu kuasai. Sebelum melakukan Interview kamu harus belajar tentang materi sesuai bidang kamu, hal ini dikarenakan sewaktu-waktu HRD memberikan pertanyaan mengenai bidan kamu, kamu sudah mempersiapkan jawabannya.

- Tentukan Lokasi 

Ini sangat penting!, karena lokasi yang kamu gunakan saat kamu Interview Online akan berdampak pada kelangsungan Interview kamu. Hindari keramaian, suara-suara dari luar bisa terdengar oleh HRD dan ini bisa mengganggu konsentrasi kamu juga. Jadi saya sarankan untuk mencari tempat yang se sunyi dan tenang mungkin. Hal - hal seperti cahaya juga harus di perhatikan, jangan sampai camera kamu gelap dan kamu tidak terlihat dengan jelas oleh HRD. 

- Siapkan rencana Cadangan

Maksud rencana cadangan disini adalah pada saat kamu diberikan waktu untuk bertanya dan setelah waktu itu habis, tetapi kamu masih kurang puas dengan pertanyaan yang kamu berikan, maka gunakan rencana cadangan seperti. Berikan cerita singkat mengenai keahlian kamu, tetapi jangan terlihat sombong, jadi gunakan bahasa dan nada rendah saja.


Nah tadi adalah tips-tips lolos Interview Online. Berikut saya sertakan Video tentang tips lolos Interview Online. Simak Video berikut!



Kredit video by Permata Indonesia

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya