Tips Lolos Segala Macam Beasiswa

tips beasiswa


Mendapat beasiswa bukanlah semudah kita membalikkan telapak tangan. Ada banyak pesaing yang juga sama-sama berjuang untuk bisa lolos. Tentu saja membutuhkan strategi yang matang dengan perhitungan yang tepat agar dapat menguasai dan memenuuhi segala kualifikasi untuk mendapat beasiswa tersebut. Untuk membantu mu lolos beasiswa, simak yuk tips-tips berikut :

Persiapan 

Keputusan mendaftarkan diri beasiswa bukanlah hal instan. Idealnya, rencanakan keputusan ini 12 bulan sebelum kamu mendaftarkan diri. Mengapa? Pertama, dengan jeda waktu disediakan, kamu masih bisa mempelajari dan mengulik lebih dalam informasi yang kamu butuhkan.

kamu bisa manfaatkan waktu yang panjang tersebut untuk mempersiapkan berkas-berkas dibutuhkan. Mengurus selembar surat itu tidak sesebentar yang kamu bayangkan. Kalau untuk memproses satu surat aja bisa makan satu 1-2 minggu, bagaimana kalau persyaratannya meminta kamu menyediakan belasan jenis surat?  

Temukan Beasiswa yang Sesuai Kebutuhan

Carilah beasiswa dengan kata kunci sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamu.  Misalnya, kamu adalah siswa berprestasi yang ingin mencari beasiswa kuliah tingkat sarjana. Nah, kondisi kamu saat ini adalah berasal dari keluarga berekonomi lemah maka kata kunci yang harus kamu gunakan adalah beasiswa S1, siswa berprestasi, dan kurang mampu. 

Pertahankan nilai akademik 

Sebagian besar beasiswa merupakan beasiswa prestasi. Nah, jika beasiswa tipe ini menjadi incaran, kamu wajib menjaga nilai-nilai akademik secara konsisten, atau lebih baik lagi jika terus mengalami peningkatan.  

Pahami persyaratan dan kriteria 

Pelajari persyaratan dan kriteria pendaftaran beasiswa baik-baik.Untuk dapat menembus beasiswa, kamu wajib memenuhi semua kriteria dipersyaratkan, kecuali jika dituliskan keterangan ‘opsional’, yang artinya hanya sebagai pelengkap.

Buat perencanaan 

Kalau kamu mendaftar ke lebih dari satu beasiswa, ada baiknya kalau kamu susun perencanaan waktu. Tuliskan jadwal pendaftaran, batas akhir pengumpulan, proses seleksi, sampai tanggal pengumuman tiap-tiap beasiswa yang kamu daftarkan. Dengan begitu, kamu bisa memastikan dan menepati prosedur sesuai jadwal masing-masing beasiswa.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya