Tips lolos tes MCU perusahaan


Kredit foto by mastiman.com


Hai sobat milenial, kali ini aku akan memberikan tips lolos MCU (Medical Check Up) sebagai syarat wajib diterima kerja di perusahaan. Tes masuk kerja biasanya terbagi menjadi 3, diantaranya: Tes administrasi, Tes wawancara, Tes kesehatan/MCU. Dengan lolosnya ke3 tes diatas maka anda akan diterima kerja.


Tes MCU beda perusahaan bedapula MCU nya, hal ini dikarenakan MCU untuk perusahaan Pabrikan biasanya tidak terlalu lengkap. Hal ini berbanding teralik jika kamu akan melaksanakan MCU untuk perusahaan Pertambangan. Karena perusahaan Tambang harus betul-betul menyeleksi ketat calon tenaga kerjanya, terutama pada tes kesehatan. Dikarenakan cuaca extrim dipertambang dan jam kerja yang panjang menjadi faktor utama perusahaan tambang menyeleksi dengan ketat calon tenaga kerjanya.


Berikut ini Tips yang dapat membantu kamu untuk lolos tes MCU dalam proses Rekruitment kerja. Simak penjelasan berikut!


Anamnesa (Non Okupasi)

Anamnesa adalah tanya jawab Dokter dengan pasien yang melaksanakan MCU, kita akan diberi pertanyaan memiliki riwat penyakit apa?, apakah orang tua kita mengidap penyakit bawaan?. Selanjutnya kita akan diberi pertanyaan mengenai kebiasaan kita, apakah kita pernah mengonsumsi alcohol?, merokok?, apakah kita rajib berolahraga. Pertanyaan yang diberikan Dokter harus kamu jawab dengan jujur sesuai apa yang kamu alami.

Pemeriksaan Fisik 

Pemeriksaan Fisik meliputi cek Sistole dan Diastole. Sistole adalah pemeriksaan Tensi darah dengan normal kisaran 110-120 dan untuk Diastole 60-100. Pemeriksaan Tinggi Badan - Berat Badan, Mata, Gigi.

Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan darah biasanya yang di periksa adalah Hemogoblin, Lekosit, Trombosit dan seterusnya. Biasanya anda disarankan untuk puasa 8 jam sebelum pengambilan darah dan perbanyak minum air putih, karena akan berdampak pada kekentalan darah kamu saat dilakukan pengambilan.

Pemeriksaan Urine

Pemeriksaan Urine memiliki fungsi agar si pasien dapat terlihat apakah mengonsumsi narkoba atau tidak.  Saat sebelum pemeriksaan Urine anda biasanya tidak diperkenankan untuk mengonsumsi obat-obatan, karena obat yang anda konsumsi akan terbaca di Laboratorium, perbanyak minum air putih, karena ada level warna Urine yang di tentukan,

Thoraks

Thoraks atau ronsen paru-paru, ini akan kita dapati setiap kita melakukan MCU. Biasanya kita mendengar mitos yang jika kita mengonsumsi kecap, paru-paru kita akan bersih, dan ternyata setelah saya tanyakan ke Dokter, ternyata mitos tersebut adalah HOAX, kecap tidak ada kaitannya dengan paru-paru.

Tips sebelum MCU

- Tidur yang cukup (6-8 jam)
- Minum air putih 2L/hari
- Buang air kecil sebelum tidur
- Hindari merokok berat 3 hari sebelum MCU
- Hindari minuman beralkohol 3 hari sebelum MCU
- Kurangi minum-minuman yang mengandung banyak gula

Nah tips di atas sangat membantu anda agar bisa lolos tes MCU. Untuk lebih jelasnya mari simak Video penjelasan mengenai MCU dan apa saja yang akan di cek saat MCU.



 
Kredit video by Arian Masrur

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya