Tips membuat Lamaran Kerja!


Kredit foto by merdeka.com

Hai good people, kali ini aku akan memberikan tips tentang cara membuat surat lamaran Kerja yang baik dan tentunya disukai oleh HRD. Surat lamaran menjadi hal yang sangat penting saat kamu akan melakukan pelamaran kerja ke perusahaan yang kamu pilih. Karena surat lamaran menjadi langkah awal kamu dipertimbangkan atau tidaknya oleh HRD. 

Saat kamu memberikan surat lamaran, berkas-berkas pendukung kamu harus bisa membuat HRD mempertimbangkan dirimu.Oleh sebab itu aku memberikan tips untuk kamu, supaya pihak HRD bisa terkesan melihat berkas-berkas dan susunan surat lamaran kamu. Simak penjelasan berikut ini.!


Struktur Surat Lamaran 

Struktur surat lamaran anda harus berbeda, contohnya:
1. Perkenalkan diri kalian
2. Sebutkan jenis pekerjaan yang ingin di Apply
3. Sebutkan Skill kamu yang cocok untuk posisi itu
4. Tunjukin Antusiasme kamu terhadap posisi tersebut
5. Berikan ucapan terima kasih & Jangan lupa tinggalkan kontak yang bisa dihubungi setiap saat.

Panjang Cover Latter

Surat lamaran atau Cover Latter merupakan versi singkat dari keseluruhan Cv kalian. Saat membuat Cover Latter cukup gunakan satu halaman saja yang bisa dibaca secara singkat oleh HRD. Hal ini dikarenakan yang melamar keposisi dan perusahaan tersebut sangat banyak, Oleh sebab itu anda harus membuat surat lamaran tersebut seringkas mungkin dan tidak menyita waktu HRD banyak-banyak hanya untuk membaca surat lamaran anda.

Make it Personal

Jangan membuat CV/Cover Latter untuk semua perusahaan yang akan anda lamar. Intinya begini, saat kamu melamar di perusahaan A, maka Surat lamaran tersebut jangan digunakan juga untuk melamar di perusahaan B. Apalagi jika nama perusahaan A masih tertera saat kamu memberikan berkas tersebut ke perusahaan B. Buatlah satu surat lamaran untuk satu perusahaan saja.

Tunjukkan rasa antusiasme ketika anda melamar

Artinya begini, saat kalian melamar kerja di posisi yang anda pilih, jangan gunakan alasan anda memilih posisi tersebut dengan alasan untuk mencari pengalaman kerja. Itu kesalahan fatal, gunakan alasan anda memilih posisi tersebut, karena jurusan atau hal kesukaan kalian selama ini ya posisi yang anda lamar itu. Contohnya, jika ada lowongan tentang Maintenance, anda bisa menggunakan alasan begini, "saya lulusan Teknik Mesin, dengan ini saya sangat cocok untuk posisi tersebut". Gunakan alasan anda memilih posisi tersebut sebagai kelabihan yang anda miliki.

Perhatikan Typo dan Tanda baca

Memang terdengar sepele, tetapi ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh HRD. Oleh sebab itu, budayakan untuk mengecek ulang surat dan berkas-berkas lamaran anda. Jangan sampai ada kesalahan tulisan atau tanda baca pada surat lamaran anda.


Nah itu tadi adalah tips untuk membuat surat lamaran yang benar dan disukai oleh HRD. Berikut saya sertakan cara membuat Surat Lamaran Kerja yang benar!.



Kredit video by Eza Hazami

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya