Tips Memilih Asuransi Pendidikan

tips pendidikan


Halo sobat sedekahresep, masih berkutik dengan masalah asuransi yaa. Tau ngak sih kalau dalam memilih asuransi juga ada tipsnya lo. Tentu saja tips ini ada untuk membantu sobat sedekahresep menetapkan pilihan yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Berikut ini enam tips yang wajib diketahui;

Buat Rencana Pendidikan Anak


Sebelum melirik penawaran dari perusahaan asuransi, Anda perlu membuat rencana pendidikan anak. Rencana ini sangat penting dan menjadi panduan untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat. Tanpa adanya rencana pendidikan yang jelas, Anda akan kebingungan dalam memilih produk asuransi.

Rencana pendidikan perlu dibuat sedetail mungkin hingga mencantumkan nama-nama sekolah serta tahun masuk sekolah di masa mendatang. Rencana yang dibuat pun harus jauh kedepan. Artinya, harus memperhitungkan beberapa tahun kedepannya juga. Karena hal ini berkaitan erat dengan biaya pendidikan anak.

Hal penting lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan dalam membuat rencana pendidikan anak adalah mengidentifikasi minat dan bakat anak sejak dini. Anda boleh berencana, tetap yang melakukannya adalah anak Anda. Jadi, jangan sampai mengabaikan passion anak.

Riset Biaya Pendidikan


Selain profil dan prestasi sekolah, Anda perlu melakukan riset biaya pendidikan saat ini untuk memperoleh perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang. Setelah mengantongi beberapa nama sekolah di setiap jenjang pendidikan, cari tahu rincian biaya yang dikeluarkan oleh orang tua dari awal masuk sampai lulus sekolah.

Biaya pendidikan ini meliputi biaya sekolah (baik itu tahunan dan bulanan), pembelian buku-buku sekolah, pendidikan tambahan (bimbingan belajar, les privat, atau ekstrakurikuler), biaya seragam sekolah dan alat tulis, uang saku serta biaya kebutuhan sekolah lainnya.

Rincian biaya pendidikan saat ini akan memberi gambaran biaya pendidikan anak Anda di masa depan. Menurut Kompas.com, rerata biaya pendidikan di Indonesia meningkat 15 persen per tahun. Jadi, Anda bisa melakukan perhitungan biaya pendidikan di masa mendatang dengan mengetahui total biaya pendidikan saat ini. Dengan mengetahui perkiraan biaya pendidikan di masa mendatang, Anda dapat memilih asuransi yang tepat untuk menjamin pendidikan anak.

Kenali Perusahaan Asuransi Terpercaya


Setiap perusahaan asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, Anda perlu memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan tersebut, yaitu aset dan liabilitas dan kualitas tenaga kerja. Aset dan liabilitas dapat dilihat dari laporan neraca keuangan yang secara transparan disampaikan kepada publik.

Selanjutnya, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki track record yang baik dan terpercaya. Dengarkan penjelasan dari agen asuransi dan bertanyalah sebanyak mungkin sehingga Anda benar-benar paham tentang produk yang ditawarkan. Sebaiknya Anda mengajukan beberapa case misalnya apabila pencari nafkah mengalami musibah dan meminta solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Selain memperoleh informasi terperinci dari agen asuransi, Anda perlu bertanya kepada beberapa orang yang telah mengikuti program asuransi pendidikan tersebut. Tanyakan secara detail apa kelebihan dan kekurangan serta pengalaman pahit dan manis menjadi nasabah asuransi pendidikan..

ESTIMASI


Sebelum membeli sebuah produk asuransi pendidikan, maka ada baiknya bagi Anda melakukan estimasi dan penghitungan dana yang dimiliki. Lakukan perhitungan yang cermat soal kemampuan Anda membayar premi dan proyeksikan dengan bijak besaran dana yang Anda butuhkan untuk pendidikan anak.Disarankan pula sebelum membeli produk tersebut, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen asuransi.

PILIH PRODUK YANG FLEKSIBEL DAN MENGUNTUNGKAN


Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk terbaik dengan berbagai kelebihan di baliknya. Untuk itu, pilihlah produk asuransi pendidikan yang fleksibel, dalam artian memberikan kemudahan dalam pengambilan dana, serta harga premi per bulannya murah.
Untuk lebih jelasnya, bisa simak video di bawah yaa...




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya