Tips Memilih Asuransi Rumah

asuransi rumah


Setelah memahami apa itu asuransi rumah dan apa saja menfaatnya, ada baiknya sobat sedekahresep juga mengetahui cara memilih asuransi rumah yang baik. Berikut ini 6 tips yang bisa sobat sedekahresep praktikkan untuk mendapat asuransi rumah yang sesuai ;

 

Lakukan Perbandingan

Jangan hanya fokus pada satu perusahaan asuransi. Lakukan perbandingan produk asuransi rumah dari banyak perusahaan asuransi terkait biaya dan manfaat yang diberikan.Saat ini, banyak perusahaan asuransi memiliki situs resmi sehingga Anda dapat melakukan perbandingan  secara online.

 

Cari Tahu Perlindungan atau Manfaat

Sebelum menentukan asuransi, cari tahu perlindungan atau manfaat apa saja yang ditawarkan perusahaan tersebut.Jika informasi di situs perusahaan asuransi masih kurang, Anda bisa bertanya langsung kepada customer service secara detil risiko apa saja yang bisa ditanggung oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, tanyakan juga penyebab-penyebab risiko apa saja yang bisa ditanggung, karena terkadang perusahaan asuransi menolak mengganti rugi risiko karena penyebab tertentu.Misalnya, kerusakan rumah akibat kerusuhan tidak ditanggung oleh perusahaan A, atau kebakaran rumah karena korslet hanya diganti 50% oleh perusahaan B.

 

Tentukan Nilai Pertanggungan yang Sesuai

Biasanya hal ini menjadi faktor penentu saat hendak mengambil premi.Kadang nasabah hanya memilih berdasarkan premi asuransi yang paling rendah.

Namun, sebaiknya Anda memastikan nilai pertanggungan asuransi rumah memadai untuk membangun kembali rumah Anda jika terjadi risiko.Misalnya, rumah Anda bernilai Rp1 miliar, sementara nilai pertanggungan Anda hanya sebesar Rp 200 juta.Nilai pertanggungan ini jelas masih sangat jauh dari nilai rumah Anda, sehingga jika terjadi risiko Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk melakukan perbaikan.

 

Pertimbangkan Rekam Jejak Perusahaan Asuransi

 Kecanggihan teknologi digital membuat operasional banyak perusahaan asuransi mengandalkan internet. Kini, Anda bisa menemukan secara cepat, perusahaan asuransi hunian yang melakukan promosi melalui web maupun iklan internet. Agar tidak terjebak perusahaan abal-abal, coba cek kembali rekam jejaknya. Banyak cara untuk mencari info rekam jejak sebuah perusahaan. 

Semisal, lewat teman yang pernah menggunakan jasa asuransi atau menelusuri testimoni para warganet. Cara paling sederhana, periksa tanggal berdiri dan legalitas korporasi. Apabila sudah lama berdiri, biasanya perusahaan asuransi itu bisa dipercaya. Kemudian dari sisi legalitas, pastikan perusahaan asuransi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk mengetahuinya, Anda bisa cek langsung di situs resmi OJK.


Memahami Isi Dokumen Polis

Membaca dokumen polis terkadang tidak dilakukan oleh pembeli produk asuransi. Padahal, polis berisi poin-poin penting terkait hak dan kewajiban Anda sebagai tertanggung. Jadi, periksa secara detail setiap pasal polis. 

Bagian paling krusial terletak pada ikhtisar. Bentuknya berupa surat pernyataan berjumlah tiga hingga lima lembar. Isi ikhtisar tersebut terdiri atas data pribadi tertanggung, data lengkap pemegang polis, jumlah uang pertanggungan, ruang lingkup jaminan, serta periode asuransi. Di situ juga tertulis jelas tentang biaya tambahan, dan premi.


Memiliki Prosedur Klaim yang Jelas

Anda tetap harus memahami prosedur klaim. Perusahaan asuransi yang profesional pasti memiliki prosedur klaim yang jelas dan terstruktur. Umumnya, klaim dilakukan dengan pengisian formulir permohonan. Jika Anda dianggap memenuhi syarat, formulir akan mendapatkan persetujuan. Sebaliknya, jika tidak sesuai kriteria, Anda harus mengulangi pengajuan permohonan.



Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya