Tips Mendidik Anak Hiperaktif

anak hiperaktif


Anak hiperaktif bukanlah sesuatu yang harus dipusingkan. Justru anak hiperaktif adalah anak yang memiliki potensi besar untuk berkembang secara maksimal. Tentunya ada cara-cara yang sedikit berbeda dari anak lain pada umumnya untuk mendidik anak hiperaktif. Berikut adalah tips yang bisa orangtua lakukan untuk membantu mempermudah dalam mendidik anak hiperaktif :

Buatlah peraturan mudah dipahami anak

Anak dengan ADHD secara umum memiliki kekurangan dan fungsi eksekutif dalam otaknya. Dengan kata lain ia kesulitan dalam berpikir dan merencanakan, mengatur, mengontrol keinginan, dan menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, sebagai orangtua kita perlu mengambil alih sementara fungsi eksekutif otak tadi dengan memberikan bimbingan ekstra hingga akhirnya secara perlahan anak dapat mengembangkan kemampuannya sedikit demi sedikit.
Dalam membantu anak mengembangkan kemampuan eksekutifnya, orangtua dapat membuat peraturan dan memberikan berbagai instruksi untuk diikuti oleh anak, beberapa hal di bawah ini dapat membantu anak untuk memahami dan menjalankan instruksi yang diberikan orangtua:
 
- Dalam memberikan instruksi lisan, pastikan instruksinya singkat dan jelas.
- Sebut nama anak atau sentuh bahunya untuk membantu anak tetap memiliki kontak mata ketika orangtua berbicara dengan anak.
- Minta anak mengulang instruksi yang diberikan untuk memastikan bahwa ia menangkap betul informasi pentingnya.
- Berikan alat bantu berupa cue card atau gambar yang dapat dilihat oleh anak.
- Untuk anak yang lebih besar dapat juga diberikan secara tertulis dan pastikan untuk memberikan warna berbeda (atau di-bold) untuk kata-kata pentingnya.
- Hargai dan berikan penghargaan secara langsung atas perilaku yang diharapkan muncul. Jangan menghukum anak untuk hal yang kita tahu bahwa ia tidak (belum) bisa mengontrolnya. Sebagai gantinya, orangtua dapat menjelaskan pada anak bahwa akan ada konsekuensi yang muncul apabila ia melakukan hal yang tidak diharapkan.  Apabila ia melakukan hal yang tidak diharapkan tersebut, biarlah anak menerima konsekuensi yang telah ia ketahui tersebut.

Kerjasama

Dalam pengasuhan anak dengan ADHD, orangtua sangat perlu untuk bekerja sama. Kerjasama tersebut meliputi ayah dengan ibu, ataupun dengan orang lain yang berkaitan dengan anak, misalnya pengasuh, kakek-nenek, serta guru di sekolah. Kerjasama ini menjadi sangat penting karena dalam mengasuh anak dengan ADHD, orangtua membutuhkan energi yang cukup besar untuk mengakomodasi kebutuhan anak. Selain itu, apabila anak sudah mulai sekolah, pihak sekolah perlu untuk tahu kondisi anak yang sebenarnya sehingga para guru dapat memberikan penanganan yang tepat untuk membantu berjalannya proses belajar mengajar di sekolah.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya