Tips mengatasi Insomnia!!


Kredit foto by Kompas.com


Hai Sobat, kali ini aku akan memberikan tips mengatasi Insomnia, Insomnia adalah gejala sulit tidur nyenyak dan tidur berkelanjutan. Biasanya orang yang mempunyai penyakit Insomnia akan susah tidur, atau malah sebaliknya, tidur terlalu lama tetapi masih merasa kurang istirahat. Kita semua pasti pernah mengalami sulit tidur di malam hari atau terbangun di malam hari dan sulit untuk tidur kembali.


Berikut ini aku akan memberikan tips mengatasi Insomnia, tetapi sebelum menginjak ke tips, saya akan memberikan informasi mengenai kasus Insomnia di Indonesia. Menurut data yang di dapat ada sekitar 150.000 kasus yang mengalami Sleep Apnea, dimana Sleep Apnea ini mereka mengalami henti nafas saat tidur kurang lebih sektar 60-90 detik. Sleep Apne sendiri adalah saat anda terbangun dari tidur anda sebelum jam bangun dan dengan kondisi nafas yang terengah-engah. Oke mari simak penjelasan berikut ini!


Makan makanan yang sebenarnya

Maksud dari makan makanan yang sebernya adalah makanan yang anda makan tanpa melewati proses pengolahan, tanpa diberi pengawet, tanpa diberi pewarna, tanpa diberi pemanis buatan. Jadi makan yang dimaksud antara lain, Buah-buahan segar, Sayur-sayuran segar, Biji-bijian. 

Lakukan Meditasi

Lakukan meditas, sebelum anda tidur melakukan meditas dapat membantu anda menjernihkan pikiran anda. Karena pikiran manusia saat akan tidur akan terbuka seluas-luasnya, anda akan memikirgan segala sesuatu, oleh karena itu anda harus melakukan meditasi untuk menjernihkan pikiran anda. Anda bisa melakukan dengan tidak menggunakan hp, tidak menonton tv, tidak mengerjakan tugas di depan laptop 1 jam sebelum tidur. Hal ini dikarenakan, Semua cahaya dapat menghambat Hormon Melantonin, hormon ini berfungsi untuk membuat anda tidur lelap. Layar pada Hp dan Monitor mempunyai efek lebih kuat dari cahaya lampu untuk menghambat Hormon Melantonin.

Mengonsumsi Suplemen

Mengonsumsi Suplemen dapat juga membantu anda mengatasi Insomnia dengan mengonsumsi, Kalsium magnesium, Vitamin B kompleks, dan vitamin E. Ini dapat membantu tubuh anda releksasi untuk membantu anda tidur lebih baik di malam hari.

Lakukanlah Olahraga setiap hari

Olahraga secara teratur minimanl 30 menit lakukanlah 4-5 kali dalam seminggu. Dengan demikian metabolisme anda membaik dan tinggkat stress anda menurun. Ada beberapa orang tanpa menggunakan obat-obatan hanya Olahraga teratur sudah dapat mengatasi masalah Insomnia.

Hal-hal yang perlu di hindari

Hidari Obat-obatan yang membuat anda terjaga dimalam hari, contohnya Obat diet, Obat darah tinggi. Jika anda ingin mengonsumsi obat-obatan yang menjaga anda terlelap dimalam hari, lebih biak konsultasi kepada Dokter terlebih dahulu. Hindari makan-makanan yang mengandung Caffeine, Soda dan Coklat. 


Itu tadi adalah Tips agar anda bisa mengatasi Insomnia. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan Dokter di bawah ini!.



Kredit video by SB30 Health

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya