Tips Mengatasi Telinga Tersumbat

telinga tersumbat


Sebelum coba berbagai macam cara untuk mengatasi telinga yang tersumbat, sebaiknya Anda perlu tahu dulu apa penyebabnya. Kondisi ini memang mudah untuk diobati sendiri di rumah, tapi beberapa penyebabnya hanya bisa diatasi dengan obat-obatan jika terkait dengan masalah medis tertentu.

Berikut beberapa pilihan cara untuk mengatasi telinga tersumbat:


Kompres telinga dengan air hangat

Suhu hangat dapat mengencerkan lendir yang menumpuk dalam telinga sekaligus memperlebar pembuluh darah. Alhasil, aliran darah dan suplai oksigen bisa lebih mudah mencapai bagian tubuh yang sakit. Hal ini membantu otot rileks dan mengurangi nyeri.

Berikut cara yang bisa Anda ikuti:

-Rendam waslap bersih dalam air hangat suam kuku (40-50 derajat celcius)

-Peras hingga lembap

-Tempelkan di telinga selama 5-10 menit

Kompres hangat tidak boleh digunakan lebih dari 20 menit untuk satu kali kompres, dan jangan ditempelkan pada telinga jika terlihat bengkak.


Teteskan baby oil atau minyak esensial ke dalam telinga

Kotoran telinga yang mengering dan menumpuk bisa menyumbat telinga dan menimbulkan rasa gatal. Jika ini terjadi, Anda bisa mengatasi telinga tersumbat dengan meneteskan baby oil, minyak zaitun, atau gliserin pada telinga Anda.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

-Panaskan minyak pada sendok

-Setelah cukup hangat, pindahkan minyak ke pipet

-Miringkan kepala Anda dan teteskan minyak dari pipet ke telinga Anda

-Tahan posisi tubuh selama 10 hingga 15 detik

-Lakukan ini beberapa kali selama lima hari, sampai telinga yang tersumbat terasa lebih lega.


Minum obat dekongestan

Selain mengompres air panas, telinga tersumbat akibat flu atau pilek juga bisa diringankan gejalanya dengan obat dekongestan. Obat ini mampu mengurangi mengecilkan pembuluh darah di hidung sekaligus mengurangi pembengkakan selaput lendir dan tekanan pada telinga.


Selain karena sakit, obat ini bisa diminum untuk mencegah tersumbatnya telinga saat penerbangan panjang. Sebaiknya minum obat ini satu jam sebelum penerbangan dan setelah penerbangan.


Miringkan kepala atau menggunakan hair dryer

Setelah berenang, telinga Anda sering kali kemasukan air. Kondisi ini membuat telinga jadi basah dan kadang tersumbat. Telinga yang basah bisa menjadi sarang yang paling baik bagi bakteri. Agar tidak terjadi infeksi, Anda sebaiknya cepat-cepat mengeringkan telinga Anda.


Anda bisa memiringkan kepala beberapa lama. Perubahan arah kepala Anda bisa membawa air yang tersumbat, keluar dari telinga. Jika tidak berhasil, posisikan tubuh berbaring. Kemudian, letakkan telinga Anda di atas handuk (posisi tidur menyamping). Lakukan hal ini beberapa saat sampai air keluar dari telinga Anda.


Jika Anda tidak punya waktu untuk berbaring, Anda bisa menggunakan hair dryer. Udara dan panas dari hair dryer bisa mengeringkan air sehingga telinga tidak basah maupun tersumbat lagi.


Manuver valsava atau teknik pasif

Cara mengatasi telinga tersumbat lainnya adalah dengan manuver valsava. Pertama, tarik napas dalam-dalam sambil jepit lubang hidung Anda dengan jari. Hembuskan udara dari mulut Anda secara perlahan.

Dikutip dari Mayo Clinic, Anda juga dapat mempraktikan teknik pasif yaitu, dengan cara mengunyah permen karet atau minum air putih. Teknik pasif bisa membantu tabung eustachius yang tersumbat untuk membuka sehingga mengurangi tekanan pada telinga yang tersumbat.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya