Tips menghindari kecanduan Gedget


Kredit foto by liputan6

Dunia sekarang sangat ketergantungan dengan Gedget, Hal ini sebabkan oleh banyaknya pengguna sosial media dan kanal-kanal gosib, yang setiap saat membuat sensasi, dengan membuat sensasi akun tersebut akan ramai di kunjungi oleh para pengguna sosial media. Apalagi kalau sedang membuat sensasi tentang arti. Di negara kita, orang lebih suka konten-konten sensasional dari pada konten-konten Edukasi. Ini memang fakta dari kebiasaan buruk masyarakat kita.

Dengan kita menggunakan Smartphone kita harus bisa mengendalikannya, bukan kita malah dikendalikan oleh Smartphone tersebut. Secara tidak langsung kita masuk kedalam dunia sosial media lewat Smartphone. Memang konten-konten sensasional sangat menarik, tetapi kalau kita tidak bisa memililah dari konten tersebut, maka  kita akan terjerumus ke dalam rasa Candu untuk terus mengulas konten tersebut. Gunakan Smartphone anda pada hal-hal yang bermanfaat bagi hidup anda. Hindari konten-konten sensasional, apalagi kecanduan game. Berikut ini adalah Tips agar kamu bisa terhindari dari rasa Candu kepada Smartphone kamu. Simak penjelasan berikut ini!.


Matikan Notifikasi

Biasanya kita akan tergoda dengan Notifikasi yang muncul di bagian atas Smartphone. Saat kita tidak ada niatan untuk membuka konten tersebut, tetapi karena ada Notifikasi kita jadi tertarik melihat konten tersebut. Alhasil kita tidak hanya melihat konten yang ada di Notifikasi saja, tetapi akan melihat konten-konten lainnya yang ada di halaman tersebut. Oleh karena itu jika kita mematikan Notifikasi maka kita tidak akan tergoda dari Judul-judul sensasional konten-konten tersebut.

Mute Grup Chat

Dengan kita memute Grup Chat maka kita akan terhindar dari perbincangan-perbincangan yang tidak terlalu penting untuk hidup anda. Jika anda dirasa penting, maka teman-teman anda akan menandai pesan mereka untuk anda. Dengan begitu anda akan terhindar dari ajakan untuk perbincangan yang hanya menghabiskan waktu anda.

Atur Home Screen

Kita harus mengatur Home Screen kita, hal ini dikarenakan bahwa isi dari Home Screen utama kita adalah Aplikasi yang betul-betul kita butuhkan, bukan Aplikasi yang mengganggu produktifitas / waktu kita. Jika kamu sudah terlanjur suka membuka aplikasi Sosmed maka pindahkan Aplikasi tersebut dari Home Screen, dengan memindahkan aplikasi tersebut maka kamu akan fokus membuka Hp seperlunya saja.

Mode Pesawat

Mode ini berfungsi untuk memutus jaringan sinyal ke Hp kamu. Dengan kamu mengaktifkan mode ini, maka kamu tidak akan mendapatkan Notifikasi dari Aplikasi-aplikasi yang bisa mengganggu konsentrasi kamu. Mode ini juga bisa membuat kamu lebih fokus untuk menyimak video-video pembelajaran.

Tinggalkan saja Hp kamu

Dengan kamu meninggalkan Hp kamu di tempat yang aman, maka rasa untuk menggunakan Hp, akan hilang. Ini adalah cara yang paling jitu untuk dilakukan, Contoh nya saat kamu pergi ke sekolah, Hp kamu, kamu taruh di dalam Tas atau di taruh di rumah. Dengan begitu kamu tidak akan membuka Hp kamu dan akan menghilangkan rasa Candu terhadap Smartphone kamu.


Itu tadi adalah Tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa Candu terhadap Smartphone. Video kali ini akan membahas lebih detail mengenai Rasa Candu pada Gedget. Simak video berikut!.



Kredit video by Zahid Azmi Ibrahim

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya