Tips Menjaga Kesehatan Kulit

 

merawat kulit

Sebagai organ tubuh terbesar dan terluar, kulit sangat rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Mengabaikannya dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius.

Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Lagipula, siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit.


Bersihkan wajah dua kali sehari. 

Membersihkan kulit wajah merupakan hal yang sangat penting guna menghilangkan bakteri dan kotoran, serta menjaga kesehatan kulit. Terlebih lagi setelah aktivitas seharian dan menggunakan kosmetik.


Jaga kelembapan kulit Anda. 

Menjaga kelembapan kulit tidak kalah penting dengan membersihkan wajah. Pelembap dapat membantu dalam menjaga kulit agar tidak kering dan melindunginya dari cuaca atau faktor lingkungan yang dapat merusak kulit Anda. Selain itu, ahli kulit sehat juga menyatakan bahwa memberikan pelembap pada wajah juga dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alaminya


Tidur cukup

Kurang tidur dapat membuat kulit Anda tampak lelah, kusam, dan lebih tua. Terlebih, semakin sering Anda kurang tidur, semakin tinggi resiko timbulnya kantung mata yang menghitam di bawah mata. 

Rahasia Ahli Kulit Sehat Ada Pada Kandungan Perawatan Kulit Anda

Guna menjaga kesehatan kulit, Anda tidak hanya perlu membersihkan kulit secara teratur. Anda juga perlu memerhatikan kandungan yang ada pada produk perawatan kulit Anda. Ahli kulit sehat menyatakan bahwa pembersih dan perawatan kulit yang baik adalah yang tidak merusak kondisi kulit Anda dan dapat mengembalikan kelembapan alami kulit.


Pembersih

Pembersih yang baik adalah yang tidak merusak lapisan kulit. Gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol sehingga busa tidak berlebih, tidak berwarna, dan tidak berbau atau mengandung parfum. Hal ini dimaksudkan agar dapat menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.


Pelembap kulit

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, gunakanlah pelembap kulit yang mengandung dimethicone, sodium PCA, shea butter, panthenol, dan cyclopentasiloxane. Bahan-bahan ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering, anti radang, pelindung kulit terhadap sinar matahari, dan tidak mengiritasi kulit. Sementara, untuk Anda yang memiliki  kulit normal, Anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan cylomethicone. Dan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap kulit dengan berbahan dasar air.


Tabir surya

Untuk tabir surya, gunakanlah krim pelindung yang bertuliskan broad-spectrum. Tabir surya seperti ini biasanya memberikan pelindungan kulit terhadap sinar UVA dan UVB. Ingatlah untuk menggunakan tabir surya setidaknya dengan SPF 15.

Menjaga kesehatan kulit bukanlah hal yang sulit, asalkan kita melakukannya dengan teratur dan tahu kandungan produk perawatan kulit yang kita butuhkan. Kini, Anda sudah tahu apa saja rahasia ahli kulit sehat dalam menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bebas kusam, bukan? Yuk, praktikkan beberapa cara di atas dan dapatkan kulit segar dan sehat idaman kita semua.


Kendalikan stres untuk kesehatan kulit

Stres dapat menstimulasi kelenjar adrenal untuk menghasilkan kortisol, yang merupakan hormon utama stres yang terlibat dalam produksi lemak berminyak dari kelenjar sebasea.

Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak inilah yang dapat menutup pori-pori kulit dan menjebak bakteri penyebab jerawat di dalamnya.


Lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari, terutama saat matahari berada pada intensitas tertingginya yaitu pukul 10.00 – 16.00. Namun, jika Anda tetap harus beraktivitas pada waktu tersebut, Anda sangat dianjurkan untuk melakukan hal-hal di bawah ini.

-Menggunakan pakaian pelindung, seperti baju/kemeja lengan panjang, celana panjang, atau topi.

-Menggunakan tabir surya dengan SPF (sun protection factor) lebih dari 15 dengan menerapkannya sekitar 20 menit sebelum Anda beraktivitas keluar.


Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Studi menemukan bahwa makan makanan yang sehat dan bergizi (seperti buah dan sayuran) dapat membuat kulit Anda tampak sehat dan lebih muda.





Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya