Tips Menumbuhkan Percaya Diri

 

percaya diri

Percaya diri adalah aspek penting ketika anda ingin bersaing dengan orang lain. Tentu saja aspek ini tidak akan tumbuh secara tiba-tiba. Sangat perlu untuk mengasah kepercayaan diri yang setiap individu miliki. Berikut ini adalah tips untuk menumbuhkan dan mengasah percaya diri :

1. Buat daftar kekuatan dan kelemahan Anda terlebih dahulu

Dengan terus mengasah dan menujukkan pada dunia bahwa Anda punya suatu bakat, Anda bisa mendapatkan kepercayaan diri Anda kembali. Tidak perlu pengakuan dari orang banyak, orang-orang terdekat yang menyadari kemampuan Anda juga bisa membuat Anda lebih yakin pada diri sendiri.


Sedangkan kalau Anda sudah menemukan kelemahan diri, jangan berhenti sampai di situ atau hanya meratapinya. Justru Anda harus berjuang untuk mengasah diri supaya kelemahan ini tidak lantas menjadi batu sandungan di kemudian hari.


2. Berpikir positif

Penting untuk punya pikiran positif sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain.

Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung.


3. Ubah penampilan Anda jadi siapa pun yang Anda inginkan

Terkadang seseorang merasa minder karena tidak bisa mengekspresikan dirinya dengan baik lewat penampilan.Badan yang tidak bersih, bau badan, dan penampilan yang berantakan memang bisa menurunkan kepercayaan diri Anda.

Maka dari itu, untuk membangun kepercayaan diri yang maksimal, mulailah merawat dan menjaga diri Anda seperti yang Anda inginkan.


5. Fokus pada hal-hal yang Anda sukai

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat Anda stres. Anda bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda suka.


Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai. Tinggalkan pekerjaan yang membuat Anda tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian Anda.


6. Coba tersenyum dan ramah pada orang lain

Siapa yang tidak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Nah, jika Anda ingin diperlakukan dengan baik, Anda juga harus melakukannya.


Cobalah untuk senyum dan menyapa orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Senyum dan keramahan yang ikhlas bisa “menular”. Senyuman juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya.


7. Belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila Anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on, Anda akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder.

Maka, belajarlah untuk memaafkan diri Anda sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri.





 

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya