Tips Nego Gaji yang Benar


Kredit foto by liputan6


Hai good people, kali ini aku akan memberikan Tips kepada kalian tentang Nego gaji kepada pihak HRD. Saat kita diberikan perntanyaan "Mau gaji berapa?". Di saat itulah kita selalu bingung dan selalu menjawab dengan canggung. Untuk mengetahui bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dan benar, mari simak penjelasan berikut ini!.


Research perusahaan yang akan di Apply

Kamu harus mengetahui dulu profil perusahaan yang kamu lamar itu perusahaan seperti apa. Perusahaan besar kah, perusahaan Multinasionalkah, atau hanya perusahaan yang masih merintis. Dengan kamu melihat profil perusahaan tersebut, kamu tidak akan salah pada saat memberikan penawaran gaji, karena kamu sudah tau Standart gaji diperusahaan tersebut berapa.

Job yang di Apply

Jadi kamu lihat dulu posisi yang kamu lamar itu dibagian apa, bagian yang umum atau yang spesifik. Hal ini dikarenakan jika kalian melamar di bidang yang spesifik, tentunya gaji yang diberikan harus diatas rata-rata bagian umum.

Menilai diri sendiri

Dengan ini kamu harus bisa memberikan penawaran sesuai dengan kinerja kamu. Jadi begini, jika kamu memang seorang yang sangat ahli di bidang tersebut tentunya kamu tidak akan memberikan penawaran yang sama dengan orang lainnya yang tidak begitu ahli dibidang tersebut. Dan jika kamu baru lulus sekolah dan belum mempunyai pengalaman apa-apa, alangkah baiknya kamu tidak memberikan penawaran yang terlalu tinggi.

Berikan jawaban yang profesional

Saat kamu ditanya mengenai gaji, berikan jawaban yang profesional seperti. "Perusahaan ini adalah perusahaan yang besar dan termasuk perusahaan banefit, maka untuk memberikan upah kepada karyawan tentunya perusahaan ini sudah memiliki standartnya sendiri, oleh sebab itu saya sebagai pelamar diperusahaan ini, akan menerima upah yang diberikan perusahaan sesuai standartnya." atau kalau kamu ingin yang lebih to the point coba jawab seperti ini "Saya menginginkan upah sesuai dengan UMR daerah tempat saya bekerja beserta tunjangan-tunjangan lainnya."


Jika kamu diberikan kesempatan untuk bertanya, Jangan sekali-kali melontarkan pertanyaan mengenai gaji di awal pertanyaan kamu. Karena hal ini terlihat tidak sopan bagi HRD, Jika kamu ingin mengetahui standart gaji di perusahaan tersebut maka bertanyalah di akhir pertanyaan. 

Itu tadi adalah tips jika kamu diberikan pertanyaan mengenai besaran gaji yang akan kamu tawarkan ke perusahaan. Berikut ini saya sertakan Video yang bisa membantu anda dalam hal Interview kerja.



Kredit video by MauKerja Indonesia

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya