Cara Menguasai Skill Public Speaking Part 2

tips public speaking


Hai sobat sedekahresep, artikel kali ini akan melanjutkan artikal cara menguasai skill public speaking part 1. Agar public speaking kalian lebih sempurna lagi, simak  pembahasannya yaa.

Fokus untuk Memberi

Menurut Douglas, pembicara yang melakukan presentasi semata-mata hanya untuk terkenal atau memaksa audience setuju dengan ide-idenya justru membuat penonton tidak memperhatikan mereka. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa melakukan public speaking dengan percaya diri dan dipercaya oleh penonton? Ternyata alasannya sederhana: kamu harus bisa memberikan nilai baru dan inspirasi, bukan hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran atau pengikut.

Dalam hal ini, pengusaha dan pembicara Gary Vaynerchuk juga memiliki pendapat yang sama. Pemilik akun Instagram @garyvee ini menyatakan bahwa tujuan dari public speaking sebenarnya adalah untuk menyampaikan informasi melalui suaramu.

Karena itu, kamu bisa menunjukkan perasaan dan emosi saat melakukan public speaking untuk membuatmu lebih terlihat meyakinkan. Kamu juga diperbolehkan untuk menunjukkan rasa gembira dan bangga atas ide yang ingin disampaikan.

Tulis Poin-poin Materi

Materi public speaking pada dasarnya adalah tentang audiens. Namun agar lebih mudah, tulis materinya dalam bentuk poin-poin. Menyusun poin-poin materi juga bisa menjadi latihan yang bagus. Di sini kamu juga bisa belajar bagaimana cara menyusun poin-poin materi agar bisa lebih menjangkau audiens.

Masukkan Humor dan Emosi

Saat membuat materi, jangan terlalu kaku. Masukkan humor dan emosi agar presentasimu terasa lebih hidup. Humor juga bagus untuk memecah kebekuan dan menyegarkan suasana. Di samping itu, audiens umumnya juga lebih suka dengan pembicara yang pandai melempar humor dalam presentasinya
.

Temukan Gaya Bicara

Public speaker yang baik tidak hanya dikenal akan kemampuannya dalam berbicara di depan umum. Mereka juga dikenal akan karakternya dalam menyampaikan gagasan atau materi presentasi. Untuk itulah, kamu juga harus menemukan gaya bicaramu sendiri. Daripada meniru gaya orang lain, berbicara dengan gaya sendiri juga terasa lebih mudah dan nyaman.

Nah dari seluruh tips itu, semoga sobat sedekahresep bisa melakukan semuanya dengan baik yaa. Ingat, lakukan semua tiips itu dengan sungguh-sungguh agar bisa menghasilkan skill yang hebat.




1 Comments

  1. Dari dulu sangat susah bljr public speaking, skrg lg semangat semoga bisa

    ReplyDelete

Post a Comment

Info Sebelumnya Info Berikutnya