Tips Untuk Meningkatkan Skill menggambar

tips menggambar


Banyak orang yang sering sekali mengagumi dan memuji suatu gambar yang terlihat sangat epic. Sebagian dari mereka bahkan ingin bisa menciptakan karya yang se level dengan para seniman tersebut. Tapi, banyak yang belum menyadari bahwa menggambar bukan sekedar menjiplak persis objek yang kita inginkan. 


Terdapat  proses yang cukup kompleks untuk menciptakan suatu gambaran yang epic. Dalam menggambar seorang seniman diajari untuk sadar akan suatu bentuk, pola, komposisi, perpaduan warna, bahkan medium apa yang cocok dengan objek yang akan diggambar.  Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan skill menggambarmu.


Menggambar secara berkala

Latihan adalah kunci kesempurnaan. Seorang seniman tentunya sudah menciptakan ratusan coretan objek yang menuntunnya menjadi gambar sempurna. Semakin sering kamu berlatih, maka semakin dekat kamu dengan kesempurnaa.


Gunakan Referensi

Referensi adalah komponen yang penting untuk meningkatkan skill menggambarmu. Saat kamu mencoba mengamati sebuah referensi, maka kamu juga akan belajar bagaimana seorang seniman tersebut membuat komposisi yang pas dalam hasil gambarannya. Perbanyaklah refernsi, agar pengetahuanmu akan komposisi juga semakin luas.


Copy and Paste

Mungkin tips ini terlihat curang. Tapi apasalahnya belajar dari  orang lain?. Meniru suatu karya orang lain bukanlah suatu tindakan kriminal asalkan kamu tidak menjual karya jiplak tersebut. Dengan meniru karya orang lain maka kamu akan bisa menemukan kombinasi yang cocok utuk karya mu. 


Semisal contoh,komposisi warna di karya Da Vinci lebih bagus daripada Michaelangelo. Tapi, komposisi bentuk lebih bagus Michaelango. Maka perpaduan antara Da Vinci dan Michaelango bisa kamu ciptakan.


Menggambarlah dari Sebuah Foto

Objek nyata akan lebih susah digambar karena tidak ada perhitungan yang pasti pada objek tersebut. Untuk mendapat perhitungan yang pasti maka perlu suatu pembiasaan dalam mengamati suatu angel, bentuk, dan komposisi. Jika kamu sudah terbiasa dengan objek nyata, maka akan lebih mudah untuk menerapkannya pada objek yang maya.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya