Trik Memenangkan Kompetisi Debat

menang debat


Kompetisi debat bukanlah kompetisi yang mudah untuk dimenangkan. Persiapan dengan jangka panjangpun belum cukup sebagai bekal memenangkan lomba. Perlu sekali membuat strategi untuk bisa lebih unggul dengan tim yang lainnya. Berikut ini adalah tips dan trik sebagai bekal strategi dalam mengikuti kompetisi debat. 


Bekerja sebagai tim

Meski merasa argumenmu penting dan merujuk pada data dan fakta, tetap jangan merasa lebih dominan dibandingkan rekan debatmu. Sebab juri bisa berpikiran bahwa kemampuan debat tim tidak seimbang sekaligus menunjukkan kurangnya koordinasi yang matang di dalam tim. Sehingga buat proporsi yang sama rata dengan sesama rekan tim agar tampak kompak dan solid. Pastikan juga Anda dan rekan membahas dan menyepakati argumen bersama.


Berpikir layaknya seorang juri debat

Berpikirlah seolah-olah Anda adalah seorang juri debat, bukan diri anda sendiri. Ingat, satu-satunya orang yang pendapatnya penting di akhir putaran adalah juri, bukan Anda. Janganlah berargumen menurut sudut pandang dan pendukung Anda sendiri. Berargumen lah dengan lebih netral namun tetap menyisipkan kebaikan-kebaikan untuk meyakinkan audiens. Tatap juri saat mengutarakan argumen penting. Dengan sikap yang meyakinkan akan menguatkan argumen Anda di benak juri.


Selalu berpikir komparatif

Anda harus selalu mempertimbangkan dampak dari segala argumen yang Anda buat. Usahakan untuk mencari kelebihan dari statement yang kita pakai. Berpikir lah dengan tidak menggunakan sudut pandang Anda sendiri. Sudut pandang dari mana saja bisa menjadi fokus Anda. Contohnya, serangan nuklir oleh teroris karena runtuhnya Pakistan jelas sangat buruk, tetapi menyebarkan senjata nuklir ke banyak negara bukankah lebih buruk? Nah, jika Anda membuat klaim komparatif bahwa alasan argumen Anda lebih penting daripada tim lain, Anda dapat memenangkan putaran debat dengan mudah.


Bertindaklah layaknya seorang pemenang

Kepercayaan diri yang baik, materi yang bagus, kemampuan komunikasi yang cemerlang dan ditunjang dengan bahasa tubuh bisa meyakinkan para audiens untuk memilih Anda sebagai pemenang. Namun jangan sampai terlihat sombong. Sampaikan argumen dengan penuh percaya diri sehingga juri yakin akan pernyataan Anda.


Jangan terlena dengan argumen sendiri

Jangan terlalu yakin dengan pernyataan serta data yang Anda berikan kepada audiens karena bisa saja data Anda tidak lebih update atau bahkan salah. Penting diperhatikan bahwa dalam menyampaikan argumen, tidak perlu terlalu percaya diri dan kukuh dengan pendapat Anda. Hal ini untuk menghindari Anda kalah saat melakukan perdebatan.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya