Wifi atau Mifi ?


mifi atau wifi


Pasang Wifi atau Beli Mifi merupakan sebuah dilema untuk mereka yang tinggal di pedesaan. Untuk wilayah kota biasanya ada banyak pilihan operator wifi, mulai dari operator nasional seperti Indihome, Biznet, First Media dan berbagai provider lainnya. Hingga operator wifi lokalan yang pakai antena untuk menangkap sinyal.

Apa Itu Mifi ?


Mifi adalah singkatan dari Mobile Wi-Fi. Dimana kita bisa dengan mudah membawa perangkat hotspot portable kemanapun kita mau. Jaringan data menggunakan operator selular. Jadi kemanapun kita pergi bisa terhubung dengan wifi yang dipancarkan oleh perangkat tersebut. Gampangannya hotspot portable.
Perbedaan WiFi Dan MiFi

Perbedaan utama antara WiFi dan MiFi adalah bahwa MiFi adalah perangkat internet bertenaga baterai portabel yang menampilkan kemampuan WiFi, sedangkan WiFi pada dasarnya adalah standar jaringan nirkabel . Perangkat MiFi biasanya terhubung ke jaringan seluler dan mampu memasok konektivitas internet ke sekitar sepuluh perangkat secara bersamaan.

Faktanya satu-satunya perbedaan antara 3G, 4G, 5G dan WiFi hanyalah router. Namun, MiFi dapat mendukung standar WiFi serta teknologi data seluler termasuk 3G, 4G, 5G atau LTE. Ini berarti, perangkat MiFi mampu mengambil data seluler dari 
penyedia data seperti telekomunikasi.

Perangkat MiFi memiliki dua komponen: modem dan router WiFi. Komponen modem mendukung 3G, 4G atau LTE dan menyediakan koneksi internet ke perangkat berkemampuan WiFi seperti iPhone, iPad, Mac atau Windows PC. Di sisi lain, pekerjaan komponen router WiFi adalah menghadirkan konektivitas WiFi.

Cakupan Jaringan 


Cakupan jaringan Wifi antena ini mempengaruhi harga pemasangannya juga. Semakin jauh dan susah lokasinya kita harus membayar lebih banyak lagi untuk instalasi jaringannya. Makanya di point sebelumnya pemasangan / instalasi dari pasang wifi mulai dari 1,5 jutaan.

Sedangkan cakupan jaringan Mifi tergantung dari operator selular yang digunakan pada perangkat mifi. Jadi sebelum memutuskan beli mifi, ada baiknya untuk mencoba cakupan jaringan operator seluler yang mau kamu gunakan apakah sudah tersedia dan memiliki jaringan yang stabil

Biaya Pasang 


Pertimbangan pertama antara pasang wifi dan beli mifi adalah biaya pemasangannya. Pemasangan WiFi biasanya membutuhkan biaya mulai satu jutaan untuk instalasi antena, beli kabel dan berbagai macam tetek bengeknya.

Bandingkan dengan biaya untuk membeli perangkat Mifi yang dibandrol sekitar 500 ribuan saja. Perbandingannya cukup jauh. Jika hanya melihat mahalnya biaya pemasangan, Mifi merupakan pilihan yang paling tepat. Namun jangan senang dulu, karena ada banyak pertimbangan lain yang harus kamu perhatikan juga.

Kuota Unlimited 


Salah satu point yang paling banyak dipertimbangkan. Sebelum menentukan mending pilih pasang wifi atau beli mifi kita harus mengetahui berapa banyak sih penggunaan kuota internet dalam jangka waktu sebulan. Berapa juga penggunaan orang-orang dirumahmu.

Biaya Bulanan 


Biaya internet bulanan wifi bisa dibilang cukup murah. Yaitu hanya sekitar 100 ribuan sudah bisa dapat kecepatan sekitar 1 Mbps dan unlimited. Sedangkan untuk pengguna Mifi, tidak ada istilah paket unlimited. Setidaknya sampai tulisan ini aku tulis belum ada paket internet unlimited untuk pengguna Mifi.

Pada dasarnya internet yang digunakan oleh Mifi merupakan paket data dari operator seluler yang sudah ada di Indonesia. Harganya pun bervariasi. Salah satu nilai plus dari Mifi ini kecepatan internet sudah jauh di atas Wifi. Dengan kecepatan download up to 50 Mbps untuk wilayah yang tersedia jaringan 4G+.

Kestabilan Jaringan 


Salah satu point yang perlu dipertimbangkan. Antena wifi dikelola oleh perorangan, resiko gangguan jaringan sama besarnya dengan Mifi yang merupakan operator selular. Namun servis perorangan apalagi kalau orangnya kenal bisa jadi lebih baik, namun tidak menutup kemungkinan juga lebih buruk dibandingkan operator seluler tingkat nasional.

Nggak ada yang bisa memberikan garansi tentang kestabilan jaringan internet ini. Oleh karen itu pertimbangkan dengan melihat kondisi jaringan di sekitar. Coba minta review dari orang-orang yang sudah menggunakan jaringan antena wifi dan orang yang sudah menggunakan operator yang akan kamu gunakan.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya