6 Kegiatan Asik Untuk Mengisi Liburan Dengan Anak Di Rumah

liburan produktif


Saat pandemi COVID-19, tentunya kegiatan yang dilakukan saat libur sekolah di masa pandemi yakni tidak bisa liburan keluar kota atau luar negeri. Akan lebih aman jika menghabiskan waktu di rumah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang membangun diri. Berikut ni adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah dengan anak atau adik mu.


Olahraga

Olahraga adalah kegiatan yang dilakukan saat libur sekolah di masa pandemi COVID-19. Dengan olahraga, tubuh menjadi sehat dan meningkatkan imun tubuh. Anak-anak bisa melakukan olahraga di halaman rumah seperti lompat tali, hula hop, bulutangkis, dan catur.


Bermain Musik


Bermain musik merupakan kegiatan yang dilakukan saat libur sekolah di masa pandemi COVID-19. Musik yang dimainkan seperti harmonika, suling, atau gitar. Mainkan lagu-lagu anak atau lagu yang sedang hits.


Menonton Film


Anak-anak suka menonton film. Cari film yang sesuai dengan usia mereka. Bisa juga cari film yang bertema pendidikan atau film komedi keluarga.


Kerajinan Tangan


Kerajinan tangan adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan saat libur sekolah di masa pandemi COVID-19. Kerajinan bisa dengan membuat kerajinan bahan lunak dengan sabun. Kerajinan ini biasanya diciptakan dengan sabun batangan. Kemudian sabun diukir kemudian dibentuk sesuai keinginan seperti motif hewan. Bisa juga membuat kerajinan tangan dari kertas origami.


Memasak


Memasak juga dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur panjang di rumah.  Tidak harus sendiri, Anda dapat melakukan kegiatan memasak bersama keluarga sebagai salah satu cara quality time dan berbagi tanggung jawab. Misalnya, dengan memberi tanggung jawab kecil saat memasak kepada anak, mengocok telur misalnya, anak akan menjadi lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Selain itu, orangtua dapat mengajak anak mengeksplorasi aneka rasa dan bahan makanan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Dengan demikian, anak bisa belajar untuk lebih menghargai makanan dan tidak pilih-pilih saat mengonsumsinya.



Berkebun


Meski banyak orang telah memilih berkebun sebagai cara mengisi waktu di rumah saat pandemi, kegiatan ini tetap bisa menjadi opsi kegiatan saat libur panjang pekan depan. Anda dapat mengajak anggota keluarga lain seperti anak untuk turut serta. Berkebun bisa menjadi salah satu cara mengeksplorasi alam, yaitu mengenalkan berbagai jenis tumbuhan kepada anak dengan cara yang menyenangkan. Kegiatan ini juga bisa membantu anak mengalihkan rasa bosan dan stres selama sekolah di rumah. Dengan demikian, suasana hati mereka akan menjadi lebih baik dan kembali bersemangat usai libur panjang nanti.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya