Cara Ampuh Menghilangkan Stress

stress


Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Namun, kondisi ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Agar stres tidak terus berlanjut sampai menimbulkan gangguan kesehatan, ada beragam cara mudah untuk mengatasi stres yang dapat Anda lakukan.


Stres merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Dalam kondisi normal, stres bisa memberikan dampak positif, misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika harus menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu. Oleh karena itu, stres yang dirasakan sebaiknya tidak dipendam terus-menerus. Berikut ini beberapa cara menghilangkan stres berat secara alami yang bisa Anda coba.


Mengonsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak memang bisa meredakan stres jangka pendek karena rasanya yang lezat bisa membuat hati sedikit bahagia. Namun, kebiasaan ini bisa memperparah stres dalam jangka panjang. Makanan-makanan seperti keripik kentang, soda, dan junk food lainnya bisa membuat kadar gula darah naik secara tiba-tiba. Saat hal ini terjadi, kadar gula darah juga akan turun mendadak. Kondisi ini akan memicu stres dan gangguan kecemasan.


Ungkapkan keluh kesah

Memendam perasaan bisa membuat Anda stres. Lebih baik lepaskan beban dengan mengungkapkan semua hal yang ada di pikiran kepada orang terdekat atau psikolog. Percayalah, setelah semua keluh kesah dikeluarkan, perasaan Anda pasti jauh lebih baik.


Olahraga secara rutin

Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Dengan berolahraga, otot tubuh akan lebih rileks dan pikiran Anda pun akan teralihkan sehingga bisa memperbaiki suasana hati Anda.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat untuk melepas stres. Cukup lakukan olahraga sederhana, seperti jalan santai atau bersepeda.


Meditasi

Meditasi selama beberapa menit setiap harinya akan membantu meredakan stres berat yang dirasakan. Cara meditasinya pun mudah, yaitu sebagai berikut ini. Duduk tegak di atas karpet atau lantai. Pejamkan mata dan bernapas perlahan-lahan sambil mengucapkan kalimat afirmasi untuk diri sendiri, seperti, “Saya merasa damai” atau, “Saya bersyukur dan mencintai diri sendiri”. 

Anda bisa mengucapkan mantra tersebut kencang atau dalam hati sesuai keinginan. Letakkan satu tangan di perut untuk menyamakan ritme kata-kata yang keluar dengan ritme napas. Selanjutnya, Anda akan merasakan pikiran-pikiran negatif secara perlahan terbang keluar dari pikiran.



Berkumpul bersama orang-orang terdekat

Dukungan dari orang-orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga, bisa membantu Anda keluar dari masa-masa kelam yang ditimbulkan oleh stres berat. Menghabiskan waktu bersama orang tercinta akan memicu keluarnya oksitosin, zat kimia otak yang merupakan pereda stres alami.


Fokus pada saat ini

Jangan terlalu lama terjebak dalam peristiwa yang telah terjadi, terlebih jika kejadian tersebut membuat Anda sedih. Jalani saja hidup saat ini dan jangan mencemaskan apa yang nanti akan terjadi.

Menjalani hidup dengan perasaan bahagia dan pikiran yang positif dapat memberikan pengaruh yang baik pula pada kehidupan Anda ke depannya.


Jangan biarkan stres berlarut-larut dan bertambah parah hingga menyebabkan gangguan kesehatan. Bila berbagai cara mengatasi stres di atas tidak juga berhasil membawa Anda keluar dari stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya