Jenis Buah Terbaik Pengganti Suplemen Vitamin C

 

vitamin c

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa sumber terbaik vitamin C adalah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah yang paling banyak mengandung vitamin C. Masih ada buah-buahan lain dengan kandungan vitamin C yang jauh lebih berlimpah. Beberapa di antaranya mungkin tidak Anda duga. Apa saja contohnya?


Stroberi

Buah yang mengandung vitamin C ini mempunyai kandungan sumber vitamin yang cukup tinggi dibandingkan dengan jeruk. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah stroberi ini memiliki peran penting sebagai antioksidan yang tergolong cukup kuat.


Selain itu, kandungan tersebut bisa membantu untuk menghilangkan berbagai jenis racun yang terdapat pada tubuh sehingga resiko penyakit kanker bisa diminimalisir. Dalam hal jumlah, 100 gram stroberi mengandung 33 kalori dan 60 mg vitamin C atau sekitar 67% angka kecukupan gizi (AKG) orang dewasa.


Tak sampai di situ saja, buah berwarna merah ini juga memiliki khasiat dalam membantu pembakaran lemak. Hal ini dikarenakan buah stroberi memiliki kandungan antioksidan dari senyawa antosianin. Dengan hal ini, kamu tidak perlu khawatir bila ingin menyantap buah stroberi setiap harinya.


Jambu biji

Jika Anda mencari buah yang mengandung vitamin C, jambu biji pasti ada di deretan teratas. Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung lebih dari 200 miligram asam askorbat, jauh lebih tinggi dibandingkan jumlah yang ada pada jeruk.


Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan serat. Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, zat gizi bermanfaat dalam jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


Pepaya

Pepaya biasanya dikenal sebagai buah untuk melancarkan BAB. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna cerah ini juga kaya akan vitamin C? Kandungan vitamin C pada setengah buah pepaya adalah sebesar 94 miligram, sedikit lebih tinggi daripada jeruk.


Buah pepaya juga mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks (terutama vitamin B6, B2, dan B1), kalium, dan kalsium. Berkat kandungan ini, pepaya dapat membantu metabolisme tubuh, mengontrol tekanan darah, dan menjaga kesehatan mata.


Nanas

Selain stroberi, ternyata buah nanas juga menjadi buah yang punya kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Selain memiliki kandungan vitamin yang tinggi, buah nanas juga kaya akan serat. 


Kandungan berupa thiamin atau vitamin B juga tersedia di dalamnya. Nutrisi ini dapat membantu memproduksi energi tubuh serta sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. 100 gram nanas mengandung 50 kalori dan 50 mg vitamin C.


Kiwi

Kiwi termasuk salah satu buah vitamin C tertinggi yang sangat bagus untuk otot serta jantung. Hal ini dikarenakan buah kiwi memiliki kandungan berupa potasium dan magnesium. 


Tidak sampai di situ saja, buah kiwi juga diperkaya dengan kandungan seng dan folat. Sehingga, buah kiwi sangat bagus apabila dikonsumsi bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, orang yang sehat juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. 1 buah kiwi mengandung 100 mg vitamin C.


Mangga

Dalam beberapa studi, diketahui bahwa buah mangga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Sebagai buah mengandung vitamin C, mangga dipercaya dapat meningkatkan imunitas, kesehatan pencernaan, dan penglihatan. Bahkan, dalam sebuah penelitian ditemukan adanya kandungan polifenol bernama mangiferin di buah mangga yang diklaim memiliki sifat anti-kanker. 


Hasil studi menggunakan hewan mendapatkan adanya efek pengurangan inflamasi, perlindungan sel terhadap stres oksidatif, dan penghentian pertumbuhan ataupun pembasmian sel kanker dari buah tropis tersebut. Buah mangga menyimpan sekitar 36 mg vitamin dalam takaran 100 gram.


Jeruk


Sebagai buah yang dikenal mampu melawan penyakit, kandungan gizi jeruk memang tidak main-main. Satu buah jeruk ukuran sedang mengandung vitamin C sebanyak 82,7 miligram. Jumlah ini dapat mencukupi 91% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.


Jeruk juga mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin B1, B9 (folat), dan kalium. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda pun bisa memperoleh antioksidan berupa fenol dan likopen.


Lemon


Kemiripan lemon dan buah jeruk tidak terbatas pada rasanya saja, tapi juga kandungan vitamin C-nya. Sebuah lemon utuh lengkap dengan kulitnya mengandung 83 miligram vitamin C, atau setara dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.


Seperti buah-buahan sitrus lainnya, lemon juga mengandung antioksidan, serat, dan zat fitokimia. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ketiga zat tersebut dapat memelihara kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung.


Banyak orang memilih meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin C-nya. Padahal, salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini adalah dengan mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C.


Selain jeruk, Anda kini memiliki pilihan buah yang lebih beragam. Supaya manfaatnya lebih optimal, cobalah mengonsumsi buah-buahan di atas secara berselang-seling. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh kandungan gizi dari masing-masing jenis buah.



Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya