Jenis Makanan Terbaik Dengan Vitamin D Tinggi Untuk Menjaga Imun Tubuh

vitamin D


Mengonsumsi vitamin D setiap hari akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kenapa? Karena vitamin D memiliki banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, otot, serta menjaga kesehatan jantung agar tetap optimal. Ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat vitamin D dan apa saja sumber vitamin D? Simak penjelasannya sebagai berikut.


Fungsi Vitamin D


Vitamin D memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  2. Memberikan dampak yang positif untuk sistem kekebalan tubuh, organ otak, dan sistem saraf manusia
  3. Menjaga kesehatan organ paru-paru dan organ jantung
  4. Dapat mencegah munculnya penyakit kanker


Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin D

Kita memang dapat memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Namun, kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D lewat makanan. Berikut ini adalah makanan yang mengandung vitamin D, yang dapat ditemukan dengan mudah:


Kuning telur

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D. Dalam satu buah kuning telur setidaknya terkandung sekitar 40 IU vitamin D. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan vitamin D dari telur, tetap batasi jumlah telur yang Anda konsumsi dalam satu hari.

Pasalnya, satu telur mengandung kira-kira 200 miligram kolesterol. Padahal, mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari tidak direkomendasikan demi kesehatan jantung.


Jamur

Jamur bisa menjadi pilihan makanan yang mengandung vitamin D bagi Anda yang vegetarian. Sama halnya dengan manusia, jamur memproduksi vitamin D dari paparan sinar UV. Dalam 100 gram jamur jenis portobello misalnya, terkandung setidaknya 400 IU vitamin D.


Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, sumber protein, dan kaya akan kandungan Omega-3 yang dibutuhkan oleh tubuh. 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak mengandung sekitar 447 IU vitamin D. Ikan lain yang juga memiliki kandungan vitamin D sama tingginya dengan salmon adalah ikan tenggiri dan ikan sarden.


Tuna dalam kemasan

Selain ikan segar, ikan tuna dalam kemasan juga dapat menjadi pilihan. Dalam 100 gram tuna kaleng, terkandung 236 IU vitamin D. Namun saat memutuskan untuk mengonsumsi tuna jenis ini, perhatikan jenis tuna agar terhindar dari tuna kalengan yang mengandung merkuri. Disarankan untuk memilih tuna dalam kemasan dengan label “light” atau batasi konsumsi tuna kaleng setidaknya 200 gram dalam seminggu.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya