Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa

 

kerja part time

Jadwal kuliah bisa jadi lebih senggang daripada semasa sekolah dahulu. Dengan waktu tersebut, tak jarang banyak mahasiswa yang melakukan part time untuk mendapatkan uang tambahan.


Kerja part time, atau kerja paruh waktu, berarti kamu tidak perlu bekerja penuh seperti orang kantor pada umumnya, yaitu delapan jam sehari. Hanya beberapa jam, atau sesuai dengan acara tertentu saja, bergantung dari kebijakan pemberi kerja.


Dengan fleksibilitas waktu yang cukup tinggi. hal tersebut dapat dilakukan sembari menjalankan tugas utama, yaitu kuliah.Berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang biasanya ada versi part timenya dan cukup sering dipilih oleh mahasiswa.


Guru Bimbel

Kamu merasa cukup pintar di bidang akademis? Guru bimbel bisa kamu pilih sebagai pekerjaan paruh waktu. Kamu bisa bergabung dengan suatu lembaga bimbel atau memasarkan sendiri jasamu. Jika ingin mendapat uang lebih besar, kamu bisa membuka jasa bimbel privat.


Desainer

Buat kamu yang berkuliah di jurusan desain atau mahir di bidang tersebut, tidak ada salahnya, lho, coba untuk menjadi desainer paruh waktu.


Misalnya, kamu buka jasa untuk desain CV temanmu, atau desain logo, kartu nama, dan website jika temanmu mau buka bisnis tertentu. Kamu bisa mulai denganbuat sendiri logo dan profil diri sendiri sebagai portofolio, supaya mereka semakin yakin untuk pakai jasamu.


Penulis lepas

Banyak bisnis yang membuka lowongan penulis paruh waktu atau mungkin freelance writer, baik itu untuk website ataupun media sosial. Nah, bagi mahasiswa, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk bekerja part time sebagai seorang penulis lepas atau freelance writer.


Tour Guide atau Tour Leader

Jika kampusmu berada di daerah yang cukup banyak dikunjungi turis, kamu bisa menjadi tour guide. Kamu bisa memandu para turis mengunjungi tempat-tempat asik dan menceritakan hal-hal menarik tentang kota tersebut.


Selain menjadi tour guide, kamu juga bisa bekerja jadi tour leader. Beberapa biro wisata di suatu daerah biasanya membuka lowongan tour leader paruh waktu. Jadi kamu bisa mengambil pekerjaan yang tidak berbentrokan dengan jadwal kuliah. Bekerja di bidang ini membutuhkan wawasan yang luas seputar pariwisata.


Penerjemah

Skill berbahasa asing sangat berguna untuk mencari penghasilan. Jika saat menjadi mahasiswa skill berbahasa asingmu sudah cukup mumpuni, kamu bisa bekerja secara freelance sebagai penerjemah.


Menjadi penerjemah di sini berkaitan dengan penerjemahan dokumen. Jasa penerjemah cukup banyak dicari di platform freelancer.


Barista

Belakangan ini, keberadaan coffee shop sangat menjamur di berbagai kota besar. Nah, di balik itu, ternyata ada kesempatan yang besar, lho, bagi mahasiswa untuk mulai kerja part time sebagai barista. Jika di daerah terdekatmu terdapat coffee shop, cobalah tanya kepada salah satu pegawainya terkait lowongan pekerjaan.


Selain itu, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan barista melalui media sosial. Tugas sebagai seorang barista bisa dibilang cukup simpel. Kamu harus membuat makanan dan minuman, menyajikannya, hingga membersihkan kedai kopi.


Biasanya, kerja part-time di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam, tetapi harinya bisa menyesuaikan dengan jadwal kuliahmu.


Untuk penikmat kopi, kerja part time di coffee shop bisa dimanfaatkan untuk curi ilmu dari owner dan barista lainnya. Jadi, hitung-hitung sekalian belajar mengenai kopi dan cara mendirikan kedai sendiri.


Fotografer

Pekerjaan ini cukup populer juga di kalangan mahasiswa. Kamu bisa menjadi fotografer untuk wedding, pre wedding, foto produk toko online, foto makanan di cafe, foto wisuda dll.


Saat awal-awal merintis karir akan sangat sulit. Supaya marketing bisa dioptimalkan, kamu harus memiliki sebanyak-banyaknya portofolio. Pada awal-awal kamu bisa merelakan diri dibayar murah demi mendapat banyak portofolio.


Dalam menjalankan pekerjaan ini skill dan networking sangatlah penting. Masalah alat, kamu masih bisa menyewanya. Sekarang sudah ada banyak tempat yang menyewakan perlengkapan fotografi profesional.


Itu dia ulasan tentang berbagai jenis kerja part time yang mungkin cocok dikerjakan oleh kamu yang ingin kuliah sambil kerja. Ingat, jangan sampai pekerjaanmu jadi mengganggu kuliah. Tetap utamakan kuliah dan jadikan kerja part time sebagai sarana mencari uang dan menghimpun pengalaman.



Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya