Mana Yang Lebih Baik? Zoom Atau Google Meet ?

zoom atau gmeet


Berbagai keperluan, dari belajar sampai bekerja masih harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Namun demikian, untuk membatasi pergerakan, komunikasi berbagai arah dengan menggunakan teknologi dirasa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya.


Baru-baru ini, Zoom sebagai media untuk pertemuan daring menjadi populer. Akan tetapi, perusahaan yang berbasis di California itu bukan satu-satunya media komunikasi untuk video conference. Google, salah satunya, juga telah lama mengembangkan Google Hangouts Meet untuk medukungnya Mengutip dari Android authority, ada berbagai persamaan sampai kelebihan dari masing-masing platform. Berikut ini ulasannya:


Zoom, Kebutuhan Video Conference Skala Besar 

Meski keduanya merupakan aplikasi konferensi video, Zoom dan Google Meet memiliki sejumlah perbedaan sesuai dengan kebutuhan penggunanya.


Aplikasi Zoom lebih memadai untuk kebutuhan kegiatan-kegiatan berskala besar. Hal ini dikarenakan Zoom dapat menampung peserta hingga 500 orang. Selain itu, Zoom juga memilki fasilitas yang dapat mencegah beberapa orang berbicara secara bersamaan. 


Sedangkan Google Meet lebih cocok digunakan untuk kegiatan rutin berskala kecil. Pasalnya, aplikasi buatan Google ini hanya mendukung hingga 250 orang saja. Tak perlu selalu membuat meeting ID khusus setiap waktu, karena ID tersebut dapat dipakai berulang kali. Hal ini tentu lebih praktis dan hemat waktu, terlebih bagi host meeting ID. 


Fitur Tambahan

Baik Zoom dan Google Meet memiliki sejumlah fitur unggulan yang tidak dapat ditemukan di aplikasi meeting saingannya. Zoom mempunyai fitur latar belakang virtual, di mana pengguna dapat mengatur gambar yang diinginkan sebagai latar belakangnya. Tak hanya itu, terdapat fitur penting lainnya bernama Touch Up My Appearance. Fitur ini merupakan sebuah filter yang dapat menghaluskan kulit dan membuat wajah terlihat lebih baik.


Berbeda dengan Zoom, Google Meet lebih menekankan kesan praktis pada aplikasinya. Karena dibuat oleh Google, aplikasi meeting yang satu ini dapat terintegrasi dengan aplikasi milik Google lainnya seperti Google Drive dan Google Hangouts. 


Berbagai bentuk dokumen yang ditampilkan bisa langsung disimpan dan otomatis dikirim melalui Google Drive. Ada pun percakapan yang terjadi di Google Meet bisa langsung tersambung ke aplikasi Google Hangout dalam bentuk teks langsung. Sayangnya, fitur ini baru tersedia dalam Bahasa Inggris.


Kelebihan Google Hangouts Meet

Tetapi, ada satu fitur yang nyatanya tak dimiliki Zoom, yaitu Teks Langsung. Dalam percakapan daring, di Google Hangouts akan ada teks percakapan di layar ketika melakukan komunikasi.


Namun, Bahasa yang didukung hanya Bahasa Inggris, bahkan, teks juga tak akan muncul jika video itu telah bersifat rekaman.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya