Tips Belajar Design Untuk Pemula

belajar design


Jika kamu tertarik pada dunia seni, cobalah untuk belajar desain grafis. Hal tersebut adalah salah satu jalan untuk mendapatkan keuntungan di dunia kerja. Perkembangan dunia digital menjadikan desain grafis sebagai salah satu kemampuan yang diperhitungkan. Tidak hanya bisa menjadi desainer, kini banyak perusahaan membutuhkan orang yang mampu menguasai bidang keahlian ini untuk ditempatkan di berbagai peran yang menjanjikan. Tertarik mempelajari desain grafis tapi masih sangat awam? Kamu bisa coba beberapa tips berikut ini.



Memahami Dasar- dasar Desain 

Sebelum mulai belajar, kamu harus paham dulu tentang dasar-dasar desain misalnya aturan warna, simbol, dan tipografi. Tiga hal ini wajib kamu ketahui karena merupakan pondasi dasar untuk membuat sebuah desain. Kamu juga harus paham tentang grid system yakni sistem pembagian garis jika kamu menggunakan bantuan software. Pengetahuan tentang istilah-istilah umum dalam desain juga wajib kamu miliki. Misalnya font, color palate, kerning, white space, alignment, hierarchy, background, foreground, dan lain-lain.



Tentukan gaya dalam desain

Dalam metode pendidikan formal dan nonformal, menentukan gaya desain adalah hal fundamental dalam belajar desain grafis. Pasalnya, gaya akan mempengaruhi seorang desainer dalam membuat desainnya.


Desain terbagi dalam berbagai macam gaya, seperti logo, tipografi, ilustrasi, dsb. Meski beberapa orang mampu membuat beberapa gaya desain, tapi kebanyakan, orang dengan satu kemampuan akan lebih piawai.



Membedah Proses Desain

Nah jika kamu sudah punya banyak contoh yang menginspirasi, tak ada salahnya untuk membedah proses desain dari karya tersebut. Perhatikan beberapa hal penting dalam karya itu, misalnya pola garis dan bentuk, pemilihan warna serta berbagai aspek lainnya. Pahamilah bagaimana desainer tersebut membuat sebuah karya, dengan begitu kamu akan terbiasa berpikir kreatif

.


Mengumpulkan desain yang menginspirasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan setelah memutuskan untuk belajar desain adalah mengumpulkan karya orang yang kamu anggap menarik. Ini bisa berasal dari banyak sumber, mulai dari Pinterest hingga Behance.


Penulis Austin Kleon dalam TEDx mengatakan bahwa, “Semua karya kreatif dibangun oleh apa yang terjadi sebelumnya. Dengan melakukan ini, kamu akan secara tidak langsung menginspirasi desain yang kamu buat di masa depan. 



Spesifikasi Pencarian 

Kesulitan saat mendesain? Kamu mungkin butuh bantuan. Jika memang menemui kesulitan, kamu bisa bertanya pada orang-orang di sekitarmu yang lebih mengerti agar mereka bisa menolong. Namun apabila kamu hanya belajar sendiri, kamu bisa bertanya pada Google. Ketiklah pertanyaan secara spesifik, sesuai dengan kesulitan yang kamu hadapi, agar kamu mendapatkan jawaban sesuai keinginan.


Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin belajar desain grafis. Salah satu tips yang tidak kalah penting adalah kritik dan saran. Kritik dan saran sangat kamu perlukan sebagai pemula yang sedang belajar desain grafis. Tidak ada salahnya meminta pendapat pada keluarga atau teman-teman di sekitarmu. Kamu juga bisa mengunggah karya ke media sosial dan meminta kritik dan saran dari desainer yang lebih berpengalaman sebagai masukan untuk perbaikan.




Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya