Tips Sate Kambing Empuk Dan Tidak Bau Prengus


Saat Idul Adha, daging kambing selalu jadi primadona, salah satunya adalah sate. Mau tahu? Ini dia cara bikin sate kambing yang enak, empuk dan tidak bau. Ini tips dari penjual sate kambing loh.

Untuk pemilihan daging pilih daging betina yang usianya dibawah lima bulan. Kenapa betina ? Karena betina memiliki serat yang lebih halus dan memiliki kandungan lemah yang lebih banyak. Jadi, lebih enak untuk dibuat sate. Nah pemilihan jenis daging kambing yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap keempukan sate.

Untuk pembuatan sate lebih baik pilih daging bagian paha belakang, punggung, atau khas dalam karena bagian ini memiliki tekstur yang lebih empuk. Untuk pemotongannya, potong bentuk dadu ukuran kecil. Kalau ukuran besar dan tebal akan sulit matang secara merata. Dan untuk lihat alur seratnya, ikuti arah serat waktu memotong daging. Buang uratnya atau lapisan tipis berwarna putih pada daging.

Didalam satu tusuk sate kambing biasanya diisi 3 potong daging lemak dan 1 potong hati. Penambahan lemak atau gajih tujuannya agar rasa dari daging kambing menjadi lebih gurih. Letakkan gajih atau lemak di bagian tengah biar tidak hangus terbakar. Nah menurut beberapa penjual sate kambing lebih baik jika daging kambing itu tidak perlu dicuci, karena bisa membuat teksturnya jadi alot dan aromanya tidak sedap serta bisa merusak kualitas dari daging tersebut.

Agar daging kambing tidak bau prengus bisa diberi bumbu seperti daun jeruk, bawang putih, dan ketumbar. Rendam daging kambing di raccikan tersebut. Selain mengurangi bau prengus, juga bisa jadi lebih gurih dan enak. Atau bisa juga pada waktu membakar, diberi bumbu olesan seperti jahe, bawang putih, dan kecap. 

Untuk membuat daging menjadi empuk bisa menggunakan nanas. Nanas bisa digunakan sebagai pengempuk daging dan penhilang bau prengus daging kambing atau dibungkus dengan daun pepaya. Sebelum dibakar celupkan daging kambing kedalam bumbu kecap atau air kaldu.

Berikut video Tips Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus


Kredit : Dapur Ireng Manis

#satekambing
#tipssatekambing
#satekambingempuk
#satekambingtidakbauprengus
#tipspedagangsatekambing


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya