Peran Penting Google Drive dalam Hal Administrasi

Peran Penting Google Drive dalam Hal Administrasi

SEDEKAH RESEP - Akhir-akhir ini bidang administrasi sangat dibutuhkan untuk mengatur pengelolaan data, baik untuk individu maupun organisasi. Oleh karena itu, Google menciptakan fungsi Google Drive administrasi. Apakah anda telah mengetahui apa itu Google Drive? Google Drive merupakan suatu layanan penyimpanan file berbasis online atau biasa disebut dengan cloud.

Dalam istilah komputerisasi drive ini memiliki arti sebagai sebuah komponen perangkat keras yang dapat menyimpan data. Tetapi, secara bahasa atau drive artinya mendorong. Perlu Anda ketahui bahwa Google Drive ini mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB Dan ini juga adalah salah satu layanan publik dari Google yang bersifat gratis. Namun apabila anda ingin menambah kapasitas lebih besar menjadi lebih besar bahkan hingga 1 TB Anda dapat berlangganan pada layanan bisnis Google Suite.

Fungsi Google Drive untuk Administrasi

Tentu saja Google Drive mempunyai peran yang sangat penting untuk hal administrasi. Maka berikut ini adalah beberapa fungsi Google Drive administrasi, antara lain:

Menyimpan data dokumen

Karena fungsi utama dari Google Drive merupakan sebagai penyimpanan dan pengelolaan data. Maka, tentu saja Google Drive ini dapat digunakan untuk menyimpan data dokumen scan pribadi maupun organisasi. Apabila Anda membutuhkan file tersebut kapan saja, maka Anda dapat segera mendownloadnya. Tentu saja penyimpanan yang satu ini ini sangat aman karena hanya dapat diatur oleh pribadi atau pemilik akun.

Baca Juga: SELAMAT YA! Ini Langkah Selanjutnya untuk Guru Honorer yang Lulus PPPK Tahap 1

Memudahkan untuk berbagi file

Pada saat ini di mana semuanya serba online tentu saja memerlukan pihak-pihak tertentu seperti kantor sekolah bang untuk bertukar file secara online. Jika ingin membagikan file secara online maka anda dapat mengupload nya melalui Google Drive dan anda tinggal membuka akses pada orang lain melalui Link.

Mengumpulkan soft file laporan

Fungsi Google Drive administrasi yang selanjutnya adalah untuk mengumpulkan softcopy laporan. Sudah sangat umum bahwa laporan keuangan, sekolah, kantor, dikumpulkan secara print out beserta softcopy laporannya. Akan lebih menghemat waktu apabila menggunakan Google Drive ini juga untuk menghindari adanya virus apabila menggunakan flashdisk.

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya