3 Penyebab Komputer Lemot Saat Dinyalakan dan Cara Mengatasinya

 

3 Penyebab Komputer Lemot Saat Dinyalakan dan Cara Mengatasinya

SEDEKAH RESEP - Komputer akhir-akhir ini menjadi perangkat utama yang dibutuhkan untuk sebagian besar orang. Bukan hanya untuk pekerja kantoran saja tapi para pelajar mahasiswa, bahkan pedagang online juga menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaannya. Namun, terdapat sebagian orang yang bertanya-tanya apa penyebab komputer lemot saat dinyalakan. Padahal baru saja dinyalakan namun mengapa bisa lemot?

Tentu saja terdapat banyak sekali yang menjadi sebab dari komputer yang sangat loading pada saat pertama kali dinyalakan. Namun, beberapa alasannya adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan sesudah komputer hidup atau juga pengaturan booting yang tidak benar dan lain hal sebagainya.

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa terdapat banyak orang yang pada saat ini memerlukan komputer yaitu seperti programmer pekerja kantoran pelajar mahasiswa dan PNS atau masih banyak lagi pekerjaan lainnya yang memerlukan komputer. Tetapi, komputer sangat sering mengalami masalah yang berkaitan dengan performa yang sangat lemot. Tentu saja hal tersebut akan menghambat aktivitas dan membuat emosi. Maka dari itu untuk mengetahui penyebab komputer lemot saat dinyalakan, simak berapa ulasan berikut ini, antara lain:

Terlalu Banyak Startup Program

Perlu Anda ketahui bahwa banyaknya start up program yang ter-install pada perangkat komputer yang Anda gunakan akan menjadi penyebab komputer anda lemot. Sebab beberapa aplikasi tersebut akan berjalan pada latar belakang secara otomatis ketika Anda menyalakan komputer. Semakin banyak aplikasi yang anda install dan berjalan otomatis pada saat menghidupkan komputer maka juga akan semakin menjadikan lemot komputer Anda.

Baca Juga: Pahami Lebih Dalam Fungsi Dropbox untuk Operator

Pada umumnya pada saat start up komputer Anda akan cenderung lambat dan terkadang memakan waktu 2 sampai 3 menit. Bahkan juga ditambah perihal loading Time yang sangat lama pada saat membuka suatu aplikasi setelah Anda menyalakan komputer, hal tersebut menjadi tanda bahwa komputer Anda mulai mengalami kelemotan ketika dinyalakan.

Ukuran Cloud Storage

Pada umumnya besaran RAM yang ada pada komputer anda akan menjadi salah satu faktor penting pada kecepatan komputer itu sendiri. Apabila anda mempunyai ram yang kecil maka anda dapat mencoba ganti dengan RAM yang lebih besar. Dengan mengganti RAM atau menambah RAM mungkin saja Anda dapat mengatasi komputer yang lemot. Namun perlu diingat bahwa anda tidak boleh asal menambahkan kapasitas RAM penting untuk memperhatikan spesifikasi RAM dan kapasitas optimal RAM yang dapat anda gunakan pada komputer.

Pengaturan Booting yang Tidak Tepat

Penyebab komputer lemot saat dinyalakan yang selanjutnya adalah karena pengaturan booting yang tidak tepat. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa booting akan mempengaruhi beberapa faktor yaitu kecepatan processor dan program yang ter-install atau lain.hal sebagainya. Maka dari itu anda perlu untuk mengatur ulang pengaturan booting Anda supaya komputer Anda dapat berjalan sebagaimana mestinya ketika dinyalakan.

Windows 10 merupakan salah satu versi sistem operasi yang paling baru dari Microsoft. Pada sistem operasi ini Microsoft telah serius untuk merombak Windows 10 yang pada saat ini mempunyai banyak sekali fitur baru. Walaupun syarat minimal sistem untuk menginstal Windows 10 ini ditingkatkan namun banyaknya aplikasi built-in yang dipunyai aplikasi pihak ketiga dan juga perubahan setting telah membuat booting Windows 10 menjadi lebih lambat. Maka dari itu ini merupakan keluhan yang dirasakan oleh pengguna Windows 10 karena membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses booting.


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya