Ini Dia Penyebab Laptop Lemot Saat Dihidupkan

Ini Dia Penyebab Laptop Lemot Saat Dihidupkan


SEDEKAP RESEP - Laptop yang lemot saat dibuka tentu menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu kinerja pengguna. Jika ingin kinerja laptop normal kembali, maka terlebih dahulu perlu diketahui apa penyebab laptop lemot saat dihidupkan. Dengan mengetahui penyebab pastinya, tentu Anda bisa lebih mudah dalam menemukan solusi untuk masalah tersebut. Mengatasi laptop lambat ketika dihidupkan sebenarnya dapat dilakukan sendiri tanpa meminta service center untuk memperbaikinya.

Terdapat beberapa factor yang menyebabkan laptop lemot saat dihidupkan.  Sedangkan cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah tekan tombol CTRL+ALT+Del secara bersamaan menuju tombol Task Manager. Kemudian pilihlah option End Task sebagai solusinya.

Apabila dengan menggunakan cara tersebut laptop tetap lemot, ada cara lain yang bisa Anda gunakan yang dapat Anda sesuaikan dengan penyebab laptop lemot saat dihidupkan.  Berikut beberapa penyebab laptop lambat ketika dinyalakan yang perlu Anda ketahui:

Startup Aplikasi Terlalu Banyak

Startup aplikasi yang terlalu banyak menjadi salah satu masalah yang paling sering terjadi. Hal tersebut tentu bisa membuat laptop berjalan sangat lambat saat dihidupkan. Startup merupakan jenis aplikasi yang dijalankan oleh laptop ketika perangkat pertama kali dihidupkan. Apabila terlalu banyak aplikasi yang diinstal, misal anti virus, anti malware maupun program lainnya, maka laptop bisa menjadi lambat sebab program tersebut dijalankan bersamaan ketika laptop starting.

Solusi untuk masalah ini cukup mudah, Anda bisa tekan Win + R dan ketikkan msconfig.  Kemudian buka ke tab Startup, disana akan ada beberapa aplikasi yang tercentang. Setalh itu unthick atau klik Disable All agar aplikasi tersebut tidak dibuka ketika laptop startup. Dengan hal tersebut maka proses startup pada laptop bisa berjalan ringan dan sangat cepat.

Memori Penuh

Salah satu masalah yang memperlambat proses loading ketika laptop dihidupkan adalah banyaknya data yang disimpan sehingga membuat memori hampir penuh atau bahkan sudah penuh. Oleh sebab itu, perlu dilakukan seleksi data yang memang penting untuk disimpan dan mengurangi data yang kurang penting. Apabila memang Anda memiliki banyak data yang penting, maka simpan lah data pada di hardisk external.

Baca Juga: Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Solusinya

Virus

Laptop yang terserang virus bisa menyebabkan berbagai masalah. Selain laptop menjadi lambat dan loading, virus juga bisa menyebabkan sistem laptop menjadi error. Virus dapat berasal dari berbagai sumber. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menginstal antivirus terbaik yang paling efektif, serta tidak memberatkan memori penyimpanan maupun sistem laptop.

Temporary File yang Terlalu Besar

Saat Anda mengakses internet, laptop maupun komputer akan menyimpan beberapa data pada folder temporary. Saat file tersebut terlalu banyak, maka kinerja laptop Anda akan menjadi lambat. Anda dapat membersihkan temporary file dengan segera menggunakan software yang sudah banyak tersedia.

Terlalu Program yang Diinstal

Banyaknya software yang Anda instal pada laptop bisa menjadi salah satu penyebab umum laptop lambat saat dihidupkan. Solusi untuk masalah ini adalah melakukan uninstall program yang tidak penting di control panel. Selain itu, Anda juga bisa klik disable supaya software yang diinstal tersebut tidak berjalan ketika laptop dihidupkan.

Hard Disk yang Sudah Rusak

Hard disk yang mengalami kerusakan tentu akan berdampak pada sistem laptop. Hal tersebut bisa membuat laptop berjalan sangat lambat akibat hard disk bad sector. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek kondisi hardisk saat laptop Anda memiliki kinerja yang sangat lambat. Apabila HDD mengalami kerusakan yang parah, maka Anda perlu menggantinya dengan hard disk yang baru.

Jika saat ini laptop Anda memiliki kinerja yang lambat, maka segera cari tahu apa penyebab laptop lemot saat dihidupkan, sehingga Anda bisa menemukan solusinya dengan lebih mudah. 

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya