Ketahui Alasan Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

 

Ketahui Alasan Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

SEDEKAH RESEP - Laptop lemot seringkali menghambat pekerjaan kita. Bahkan, kondisi laptop lemot seringkali terjadi dan mengganggu produktivitas anda. Terlebih bagi Anda yang bekerja dengan menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas penting. Tentu laptop yang lemot dapat membuat berbagai pekerjaan anda menjadi terganggu sehingga produktivitas bisa menurun. Mengetahui alasan laptop lemot penting sekali untuk bisa menyelesaikan permasalahan laptop lemot.

Di era digital seperti sekarang ini, laptop memiliki peran yang sangat penting. Apalagi di saat-saat pandemi seperti saat ini. Dimana seluruh aktivitas yang dilakukan menggunakan sistem online. Sehingga, kebutuhan laptop yang dapat bekerja dengan cepat sangat diperlukan. Ketahui beberapa penyebab paling umum laptop menjadi lemot, seperti:

1.      Hardisk Penuh

Salah satu penyebab menurunnya kinerja laptop sehingga menjadi lemot yaitu hardisk yang penuh. Sedangkan sistem operasi baik itu Windows maupun Mac, memerlukan kapasitas tersendiri. Yang mana dibutuhkan untuk temporary files, swap files, fragmentation, dan lainnya. Ketika kapasitas yang dibutuhkan oleh sistem operasi tersebut tidak tersedia, maka kinerja laptop menurun dan lambat.

2.      Kapasitas RAM Kecil

Alasan laptop lemot juga bisa terjadi akibat kapasitas RAM yang kecil sehingga kinerja laptop melemah. Dengan kapasitas RAM kecil, ketika Anda sering membuka berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan, tentu RAM akan kekurangan kapasitas. Hal tersebut dapat mempengaruhi performa laptop yang digunakan.

3.       Terlalu Banyak Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi yang dibuka juga dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Setiap aplikasi tentu memerlukan ruang untuk menggunakan prosesor, memori, dan harddisk. Sehingga dapat membebani tiga komponen tersebut terlebih lagi jika ada terlalu banyak aplikasi yang dibuka.

4.      Laptop Terkena Virus atau Malware

Virus atau malware merupakan musuh utama dari laptop maupun perangkat elektronik lainnya. Virus menjadi salah satu penyebab utama laptop bisa menjadi lemot dan menurun kinerjanya. Virus atau malware tersebut biasanya muncul ketika mengunduh file atau program dari situs yang tidak terjamin keamanannya. Virus juga bisa menginfeksi laptop anda karena transfer data secara sembarangan. Terlebih lagi apabila pengamanan di laptop jarang diperbarui. Tentu bisa membuat laptop lemot, bahkan virus atau malware tersebut juga bisa membuat perangkat Anda rusak.

5.      Umur Hardisk Sudah Tua

Seperti barang-barang lainnya, perangkat elektronik seperti laptop juga memiliki umur atau masa pemakaian. Komponen laptop seperti hardisk bisa menua dan akan kinerjanya semakin menurun dan berkurang. Laptop seringkali lambat karena media penyimpanan yaitu hard disk yang digunakan sudah usang atau jadul.

Baca Juga: 3 Penyebab Komputer Lemot Saat Dinyalakan dan Cara Mengatasinya

Selain mengetahui alasan laptop lemot seperti di atas, anda juga perlu mengetahui cara mengatasinya. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan laptop yang lemot.

1.      Copot aplikasi yang tidak dibutuhkan

Mengurangi jumlah aplikasi dengan mencopot aplikasi yang tidak dibutuhkan, dapat membantu memulihkan kinerja laptop anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan pengecekan apakah ada aplikasi yang tidak sengaja terinstal. Sebaiknya, anda menggunakan aplikasi yang dibutuhkan saja dan sisa memory bisa digunakan untuk menyimpan file lainnya yang lebih penting.

2.      Memasang antivirus

Antivirus adalah hal yang sangat penting untuk menjaga laptop tetap aman dan dapat bekerja dengan optimal. Selain itu, antivirus juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi permasalahan laptop lemot.

3.      Menambah kapasitas RAM

Untuk menambah kapasitas RAM sebaiknya pastikan terlebih dahulu spesifikasi RAM tersebut sesuai dengan laptop yang digunakan. Selain itu, RAM juga sesuai dengan aplikasi yang terpasang pada laptop.

4.      Reset Windows

Cara lainnya untuk mengatasi masalah laptop lemot yaitu mereset Windows pada laptop yang digunakan. Laptop yang sudah tua tentu dapat mempengaruhi kinerja dari sistem operasi khususnya Windows. Hal tersebut dapat menyebabkan Windows sering eror dan mengakibatkan laptop menjadi lemot. 

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya