Laptop Lemot? Berikut Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

 

Laptop Lemot? Berikut Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

SEDEKAH RESEP - Bukan hanya pekerja kantoran saja yang membutuhkan laptop untuk melakukan pekerjaannya, namun juga masih terdapat banyak orang lain seperti programmer, PNS, mahasiswa, pelajar, dan pekerja bank, yang melakukan pekerjaannya atau tugasnya dengan menggunakan laptop. Tetapi juga tidak jarang dari beberapa orang tersebut yang mengalami lemot pada laptop. Maka dari itu banyak pertanyaan muncul mengapa laptop lemot?

Penyebab dari laptop lemot pada umumnya sangat penting untuk diketahui oleh masing-masing orang yang menggunakan laptop. Apalagi pada saat ini laptop merupakan salah satu kebutuhan utama bagi beberapa orang tersebut.

Sebenarnya penyebab dari laptop lemot ini terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya misalnya seperti telah lama tidak dirawat dengan baik atau terlalu banyak menginstal aplikasi yang berjalan pada startup. Maka dari itu sangat penting untuk Anda mengetahui mengapa laptop lemot dan cara untuk mengatasinya. Maka dari itu berikut ini supaya lebih jelasnya mengenai beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi laptop yang lemot, antara lain:

Terlalu Banyak Startup Program

Penyebab yang pertama dari laptop lemot adalah terlalu banyaknya startup program yang ter-install pada laptop yang Anda gunakan. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa aplikasi atau program yang berjalan pada latar belakang secara otomatis ketika anda baru saja menyalakan laptop. Semakin banyaknya aplikasi yang berjalan otomatis pada saat booting, maka juga akan semakin menjadikan laptop anda lemot. Pada umumnya pada saat start up laptop anda akan mengalami kelambatan dan kadang-kadang memakan waktu 2 sampai 3 menit.

Selain itu, juga ditambah dengan masalah loading time yang cukup lama pada saat membuka aplikasi setelah anda menghidupkan laptop juga merupakan tanda-tanda bahwa laptop anda terlalu banyak startup programnya. Maka dari itu, untuk solusi dari masalah yang satu ini anda harus mematikan beberapa startup aplikasi atau program yang berjalan secara otomatis pada laptop.

Hardisk yang Mencapai Batas Maksimal

Penyebab mengapa laptop lemot yang selanjutnya adalah karena data yang terlalu banyak pada laptop anda. Apabila laptop anda telah mencapai 95% kepenuhan pada hardisk maka sangat mungkin bahwa laptop anda menjadi lemot. Jalan keluar dari permasalahan yang satu ini adalah Anda sangat perlu untuk defragmentasi hardisk setidaknya selama satu atau dua minggu sekali.

Baca Juga: Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya

Hardisk yang Telah Lama

Hardisk yang telah lama juga merupakan salah satu penyebab laptop anda lemot. Hal tersebut dapat terjadi sebab hadis juga mempunyai batasan usia. Usia hardisk yang semakin tua akan semakin mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan. Hal ini pada umumnya dikarenakan faktor hardisk yang ter defragmentasi. Itu akan menyebabkan proses pembacaan data pada ada bagian harddisk menjadi lambat.

Browser yang Terlalu Berat

Alasan mengapa laptop lemot yang selanjutnya adalah karena faktor browser. Ketika Anda melakukan browsing pada sebuah browser dan anda membuka banyak tab pada browser tersebut untuk mengakses berbagai jenis website sekaligus. Maka, hal tersebut juga dapat memberikan beban yang lebih besar pada laptop yang Anda gunakan.

Ketika Anda membuka 6 tab pada suatu browser secara bersamaan, maka beban pada RAM laptop Anda juga akan meningkat hingga 6 kali lipat. Maka dari itu, solusi dari permasalahan yang satu ini adalah Anda cukup mengusahakan untuk tidak membuka banyak tab sekaligus pada saat membuka browser pada laptop anda.


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya