Mengapa Komputer Lemot? Simak Penyebabnya Berikut

Mengapa Komputer Lemot? Simak Penyebabnya Berikut

 

SEDEKAH RESEP - Ada beberapa penyebab mengapa komputer lemot yang umum terjadi serta jarang disadari oleh para penggunanya. Faktor yang menyebabkannya bisa saja akibat penyimpanan, program, update, aktivitas, visualisasi hingga gannguan internet.

Alasan mengapa komputer bisa lemot memang perlu dipahami oleh semua pengguna komputer tidak terkecuali pengguna Windows dan MacOs. Hal tersebut bertujuan supaya performa dari komputer tetap terjaga serta membuat perangkat menjadi lebih awet.

Berikut beberapa penyebab komputer lemot yang umum terjadi beserta solusi untuk mengatasinya:

1.    Hard Disk

Terjadinya masalah pada Hard Disk menjadi salah satu penyebab komputer lemot yang umum terjadi. Anda tentu perlu mengganti Hard Disk yang sudah tua atau lama digunakan. Apabila Hard Disk komputer sudah terlalu lama digunakan, performa komputer Anda akan menurun secara keseluruhan. Penyebab lainnya bisa saja terjadi akibat Hard Disk yang terdefragmentasi. Ha tersebut lah yang membuat proses pembacaan data pada partisi hard disk menjadi lambat.

2.    Startup Program

Masalah lain yang bisa menyebabkan komputer menjadi lemot adalah banyak startup program pada komputer.  Ketika Anda mulai menyalakan komputer, maka secara otomatis aplikasi akan berjalan di background. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka otomatis saat booting, akan membuat komputer menjadi lambat. Saat Anda melakukan start-up komputer biasanya akan sangat lambat bahkan membutuhkan waktu hingga 2-3 menit.

3.    RAM Terbebani

Komputer lemot juga bisa disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika start-up. Karena hal itu maka RAM menjadi bekerja terlalu keras agar bisa mengalokasikan semua ruang yang dimilikinya. Hal ini lah yang membuat RAM komouter menjadi sangat terbebani.

4.    Temporary Files

Terlalu banyak temporary files juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa komputer lemot. Mengakses ke data situs yang sudah pernah dikunjungi memang bisa dilakukan dengan sangat cepat melalui temporary files. Tapi ternyata temporary files juga bisa membuat komputer menjadi lemot. Keberadaan temporary files ini bisa menghabiskan banyak ruang hard disk. Seharusnya raung hard disk harus disisakan untuk difungsikan sebagai page file. Hal tersebut dimaksudkan untuk membantu RAM dalam menjalankan berbagai program.

Baca Juga: Ketahui Alasan Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

5.    Infeksi Malware

Komputer mengandung virus atau malware juga bisa menjadi lemot. Adanya virus atau malware dalam komputer bisa memberatkan perangkat komputer yang Anda gunakan.

Terdapat berbagai macam jenis virus dan juga malware yang penyebab komputer. Namun jangan hawatir sebab saat ini program anti virus juga sangat beragam, baik yang berbayar ataupun yang gratis. Namun tentu yang paling direkomendasikan adalah program anti virus berbayar.

6.    Tidak Melakukan Update

Pada umumnya Program Microsoft memang perlu mendapatkan mengalami upgrade supaya performa kerjanya bisa berjalan maksimal. Ada bug yang tetap perlu mendapatkan perbaikan dan peningkatan untuk setiap tipenya.

Melakukan upgrade terhadap system Windows di komputer bisa membuat beberapa bug diperbaiki secara otomatis. Terlambat dalam melakukan update bisa menjadi salah satu penyebab komputer lemot.

Tidak terkecuali untuk para pengguna komputer Windows atau MacOS, pembaharuan terhadap sistem operasi juga perlu dilakukan. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat pada komputer. Apabila komputer jarang mendapatkan update, maka performanya menjadi tidak maksimal.

Itulah beberapa alasan mengapa komputer lemot, tentu dari informasi tersebut Anda bisa mennemukan penyebab lemotnya komputer yang Anda gunakan dan mendapatkan solusinya.


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya