Mengapa Kulit Begitu Penting untuk Tubuh? Berikut Ini Cara Merawatnya

Mengapa Kulit Begitu Penting untuk Tubuh? Berikut Ini Cara Merawatnya

SEDEKAH RESEP - Bukan hanya melindungi tubuh dari berbagai gangguan dari luar kulit juga berperan sebagai pelindung organ tubuh bagian dalam seperti tulang saraf dan otot. Karena berperan sebagai organ tubuh paling luar manusia fungsi kulit tentunya akan sangat penting. Maka dari itu, juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Perlu diketahui bahwa kulit tersusun dari banyak komponen seperti lemak mineral protein air dan berbagai senyawa kimia lainnya. Mungkin sejak kecil kita telah mempelajari bahwa kulit terdiri dari 3 lapisan yang utama yaitu epidermis dermis dan hipodermis. Tentu saja ketiga lapisan tersebut mempunyai fungsi dan perannya masing-masing dalam struktur kulit.

Alasan Mengapa Kulit Sangat Penting untuk Tubuh

Pada umumnya terdapat beberapa fungsi kulit untuk tubuh manusia, antara lain:

  • Melindungi tubuh. Tidak dipungkiri bahwa fungsi kulit yang paling utama adalah untuk melindungi tubuh bagian dalam seperti saraf, otot, tulang, organ, sendi, pembuluh darah, dan jaringan ikat tubuh.
  • Menjaga suhu tubuh. Selain melindungi tubuh kulit juga berperan sebagai sistem penjagaan suhu tubuh karena terdapat lapisan kedua kulit atau yang disebut dermis yang mempunyai syarat dan kelenjar keringat yang mempunyai fungsi untuk merespon adanya perubahan suhu tubuh.
  • Menyimpan lemak. Bukankah sudah terlihat bahwa kulit dapat menjadi pusat penyimpanan lemak? Hal tersebut benar adanya karena lemak pada jaringan kulit mempunyai tugas untuk melindungi tubuh dari berbagai suhu yang yang dirasakan tubuh dan menyangga jaringan otot serta tulang.
  • Menghasilkan vitamin D secara alami. Dengan bantuan sinar matahari atau sinar UV kulit dapat berperan untuk menghasilkan vitamin d secara alami. Mungkin sebagian besar orang telah mengetahui bahwa vitamin d sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah kanker.
  • Menjadi indra peraba. Selain semua hal yang telah disebutkan fungsi kulit menjadi Indra peraba tidak akan terlewatkan. Kulit dapat merasakan suatu hal dan berbagai rangsangan dari luar secara sensitif karena terdapat saraf di dalamnya. Berbagai rangsangan seperti rasa panas atau dingin, adanya tekanan, rasa nyeri karena cedera, getaran, dan sentuhan.

Baca Juga: Mengapa Laptop yang Masih Baru Bisa Lemot?

Menjaga dan Merawat Kulit

Semua orang tanpa terkecuali seiring dengan bertambahnya usia akan mengalami penurunan efektivitas kulit karena mengalami sebuah proses yang dinamakan penuaan. Hal tersebut mengakibatkan kulit menjadi tidak sekencang atau halus pada saat usia sebelumnya. Penuaan juga membuat kulit menjadi rentan terkena masalah kulit, mudah kering, dan menipis. Maka berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk merawat kulit.

Membersihkan Secara Rutin

Penting untuk selalu membersihkan kulit dengan mandi menggunakan sabun yang cocok dengan kulit anda terutama setelah anda melakukan aktivitas berat atau berkeringat. Penting untuk selalu membersihkan kulit setidaknya dua kali sehari.

Memberikan Kelembaban Rutin

Lebih baik untuk menggunakan pelembab setelah mandi atau mencuci muka. Jangan lupa untuk selalu pastikan apa yang Anda gunakan akan sesuai dengan jenis kulit anda. Disamping itu juga penting untuk menggunakan skincare lain untuk merawat kesehatan kulit anda.

Menggunakan Sunscreen

Paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet mampu mempercepat proses penuaan dini. Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan sunscreen bahkan ketika anda di dalam rumah juga.

Melakukan Gaya Hidup Sehat

Selain melakukan berbagai perawatan dari luar tentu saja kulit juga perlu dirawat atau dijaga dari dalam. Hal tersebut dapat anda lakukan ketika menerapkan gaya hidup sehat. Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti mencukupi kebutuhan cairan tubuh, mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, mengelola stres dengan baik,  dan berolahraga dengan rutin.

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya