Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Solusinya

Penyebab Laptop Lemot Windows 10 dan Solusinya

 

SEDEKAH RESEP - Perkembangan zaman yang semakin maju menghadirkan berbagai teknologi terbaru dan semakin up to date. Seperti halnya Windows 10 yang menjadi sistem operasi paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tentu didasari oleh hadirnya berbagai fitur baru pada Windows 10 yang lebih nyaman untuk digunakan. Meski begitu, ada sebagian orang yang yang mengeluhkan masalah laptop menjadi lebih lemot. Untuk itu, anda perlu mengetahui penyebab laptop lemot Windows 10.

Untuk bisa mengatasi masalah laptop lemot, tentu anda perlu mengetahui penyebabnya. Sistem kerja operasi yang tidak maksimal tentu dapat mengganggu dan menurunkan produktivitas anda. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan masalah laptop menjadi lemot. Beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop Windows 10 menjadi lemot bisa meliputi:

Terlalu Banyak Program

Program yang terlalu banyak dapat mempengaruhi kinerja laptop anda. Oleh sebab itu, anda perlu untuk mematikan program-program yang tidak diperlukan. Berbagai program yang berjalan di background menggunakan sebagian dari sumber daya laptop anda. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan munculnya masalah laptop Windows 10 menjadi lambat. Untuk dapat menonaktifkan program-program yang tidak diperlukan, caranya yaitu:

  • Tekan dan tahan tombol CTRL, SHIFT, dan Esc, yaitu digunakan untuk membuka task manager
  • Klik pada tab Startup
  • Selanjutnya, lihat program apa saja yang ada di sana. Kemudian pilih salah satu program yang tidak digunakan secara regular dan tekan Disable.

Drivers yang Tidak Sesuai

Drivers yang sudah jadul dan tidak sesuai menjadi salah satu penyebab laptop lemot Windows 10. Mengecek drivers merupakan metode yang bisa dilakukan untuk laptop yang nge-lag terutama setelah pembaruan Windows 10. Dimana pada dasarnya, sistem operasi lebih menyukai driver generiknya sendiri. Sehingga, ada kemungkinan bahwa Windows 10 akan mengganti drivers lama pada saat penginstalan pembaruan. Untuk mengecek driver pada laptop, berikut caranya:

  • Tekan Windows dan tekan R
  • Ketik devmgmt.msc dan tekan Enter
  • Selanjutnya, anda bisa cek driver penting khususnya Display Driver. Yaitu dengan double klik pada Display Adaptors dan pada tampilan perangkat.
  • Klik tab Driver.

Baca Juga: Laptop Lemot? Berikut Penyebab Sekaligus Cara Mengatasinya

Setelah itu, anda bisa melihat informasi yang dihadirkan. Apabila driver provider berganti, maka artinya perangkat menjadi lambat karena pergantian driver. Selanjutnya anda hanya perlu klik tombol Uninstall dan mengikuti instruksi yang ada di layar. Setelah itu, anda bisa mengunduh dan memasang driver dari pihak ketiga atau kembali ke driver sebelumnya.

Terserang Virus

Ada kalanya laptop Windows 10 menjadi lambat dikarenakan terserang virus. Dimana serangan virus tersebut bisa dibarengi dengan malware yang biasanya meng-install program di komputer. Dan program tersebut akan berjalan di background atau latar belakang. Program tersebut menggunakan sumber daya komputer dan internet, yang bisa mengirimkan informasi penting kembali pada penjahat. Anda harus membuka program antivirus dan melakukan pemindaian pada sistem laptop.

Kapasitas RAM sedikit

Penyebab laptop Windows 10 lainnya yaitu kapasitas RAM yang sedikit. Sistem akan menjadi lambat jika laptop tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup untuk bekerja. Sangat  direkomendasikan untuk memiliki ruang yang cukup pada kapasitas RAM yang bisa mendukung kinerja sistem operasi. Anda bisa mengupgrade RAM untuk mempercepat kinerja sistem operasi. Dengan kapasitas RAM yang memadai tentunya sistem operasi laptop bisa bekerja secara maksimal.

Penyebab laptop menjadi lemot cukup beragam tergantung pada kondisi laptop masing-masing. Ketika kinerja laptop dirasa menurun dan menjadi lambat, anda bisa melakukan restart pada perangkat anda. Apabila hal tersebut tidak bisa membawa perubahan, anda bisa mencari tahu penyebabnya seperti yang telah diuraikan di atas.


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya