Simak Alasan PC Lemot yang Dapat Mengganggu Kinerja Anda

 

Simak Alasan PC Lemot yang Dapat Mengganggu Kinerja Anda

SEDEKAH RESEP - Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kita dituntut untuk dapat mengoperasikan perangkat digital dengan baik. Termasuk bekerja dengan komputer, yang mana telah digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan. Ketika komputer atau PC menjadi lemot, tentu bisa membuat pekerjaan anda terganggu. Oleh sebab itu, mengetahui alasan PC lemot perlu diketahui agar bisa memecahkan masalah tersebut.

Penyebab komputer atau PC lemot tentu perlu diketahui oleh setiap orang. Terlebih lagi bagi mereka yang harus menggunakan komputer dan bekerja dengan komputer. Apalagi di era digital seperti saat ini, komputer menjadi salah satu kebutuhan utama. Namun, tidak jarang ketika anda sedang bekerja dengan komputer atau PC, seringkali terjadi permasalahan terkait dengan performa komputer. Seperti komputer atau PC  yang kinerjanya melambat, sehingga bisa menghambat pekerjaan. Simak berbagai penyebab komputer atau PC menjadi lemot, seperti:

Masalah Pada Hard Disk

Salah satu penyebab komputer atau PC menjadi lemot adalah masalah yang terjadi pada Hard Disk. Jika Hard Disk komputer anda sudah lama, maka anda perlu untuk menggantinya. Hal ini karena Hard Disk juga memiliki batasan usia penggunaan. Hard Disk yang sudah tua dapat mempengaruhi performa dari komputer anda secara keseluruhan. Hal ini juga bisa disebabkan oleh faktor Hardisk yang terfragmentasi. Sehingga, menyebabkan proses pembacaan data pada partisi harddisk menjadi lambat.

Data yang terlalu banyak juga menjadi faktor penyebab komputer atau PC anda menjadi lemot. Jika Hardisk sudah hampir penuh dan mencapai 95%, tentu kemungkinan besar komputer dan PC anda akan lemot. Untuk mengatasi permasalahan yang menjadi penyebab komputer lemot, anda perlu melakukan defragmentasi Hard Disk. Setidaknya lakukan hal tersebut satu atau dua minggu sekali. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetik Disk Defragmenter pada Start Menu, dan anda bisa melakukannya secara terjadwal.

Banyak Startup Program

Banyak startup program yang ada di komputer atau PC anda juga menjadi alasan PC lemot. Ada beberapa aplikasi yang  dapat berjalan pada background secara otomatis ketika anda mulai menyalakan komputer atau PC. Semakin banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika booting, dapat menjadikan komputer menjadi semakin lemot. Ketika startup memakan waktu 2 hingga 3 menit. Serta loading time yang begitu lama ketika membuka aplikasi sesaat setelah start-up. Hal tersebut menjadi tanda bahwa komputer atau PC anda menurun kinerjanya.

Baca Juga: Mengapa Komputer Lemot? Simak Penyebabnya Berikut

Dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada saat startup, RAM akan bekerja terlalu keras. RAM yang harus bekerja keras untuk dapat mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya pada aplikasi yang berjalan saat startup, membuat RAM menjadi sangat terbebani. Hal tersebut tentu dapat menyebabkan komputer menjadi lemot, karena terbatasnya kapasitas RAM.

Terlalu Banyak Temporary Files

Penyebab komputer atau PC yang lemot lainnya juga bisa terjadi akibat terlalu banyak temporary files. Pada dasarnya temporary files berguna untuk mempercepat akses ke data situs yang pernah anda kunjungi. Namun, temporary files juga bisa menyebabkan komputer atau PC anda menjadi lambat. Misalnya, ketika hard disk hampir penuh, keberadaan temporary files tersebut dapat memakan ruang hard disk yang harusnya tersisa untuk membantu RAM menjalankan berbagai program.

Faktor Browser yang Terlalu Berat

Ketika anda membuka browser, seringkali anda membuka banyak tab pada browser tersebut untuk mengakses beberapa situs sekaligus. Hal tersebut dapat memberikan beban yang lebih besar pada RAM komputer atau PC anda. Hal tersebut tentu menyebabkan kinerja komputer yang menurun dan menjadi lambat. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak membuka tab terlalu banyak ketika anda sedang menggunakan browser.

Infeksi Malware

Komputer atau PC yang telah diserang oleh malware juga bisa menyebabkan komputer menjadi lemot. Infeksi malware menjadi salah satu alasan PC lemot yang dapat mempengaruhi kinerja PC atau komputer anda. Sebaiknya anda menggunakan beberapa antivirus yang memiliki reputasi bagus untuk mencegah serangan Malware.


Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya