Jari Tangan Sering Kaku? Segera Kenali Penyebabnya

 

Jari Tangan Sering Kaku? Segera Kenali Penyebabnya

SEDEKAH RESEP - Jari tangan kaku memang bisa mengganggu aktivitas harian Anda. Masalah tersebut terjadi saat jari tiba-tiba sulit untuk digerakkan atau terkunci di posisi tertentu. Namun terkadang, masalah tersebut juga bisa terasa cukup menyakitkan. Jari kaku pada umumnya disebabkan karena tendon jari tangan yang mengalami peradangan.

Tendon berbentuk jaringan penyambung keras yang berperan sebagai penghubung antara otot dan tulang. Ketika jari tangan digerakkan, maka otot dan juga tendon di bagian lengan dan tangan secara bersamaan akan meluruskan maupun menekuk jari tangan.

Pada umumnya pergerakan tersebut bisa berjalan tanpa hambatan. Tapi, di kondisi tertentu bisa terjadi pembengkakan dan peradangan pada tendon, yang kemudian menyebabkan selubung tendon seolah menyempit. Karena kondisi tersebut, jari – jari menjadi tidak bisa digerakkan secara leluasa, yang pada akhirnya ketika jari ditekuk atau diluruskan akan terdengar bunyi ‘klik’.

Apa Saja Penyebab Jari Tangan Kaku?

Pergerakan jari tangan atau jempol yang secara berulang dipaksakan bisa menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Disamping itu, jari tangan kaku juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah berikut:

1.     Osteoarthritis pada bagian tangan

Pada umumnya radang sendi (Osteoarthritis) terjadi di tiga bagian tangan, yakni sendi pada bagian tengah jari, pangkal jempol dan juga sendi di dekat ujung jari. Jari akan terasa kaku, bengkak serta nyeri apabila terjadi osteoarthritis pada tangan. Bahkan, di bagian sendi jari yang kaku tersebut bisa muncul benjolan.

Disamping itu, benjolan yang berisi cairan, juga bisa terjadi di sendi ujung jari. Bahkan jari yang meradang tersebut juga dapat membengkok ke samping secara perlahan. Kegiatan sehari-hari Anda mungkin akan terhambat akibat rasa sakit karena osteoarthritis. Anda mungkin harus menghubungi ahli kesehatan untuk mendapat penanganan yang baik.

2.     Piria (penyakit asam urat)

Piria menjadi salah satu jenis penyakit yang lebih sering terjadi pada pria. Asam urat berlebih yang menumpuk di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya piria. Masalah tersebut kemudian menyebabkan terjadinya pembentukan kristal di sendi yang dapat memicu peradangan. Akibat gangguan tersebut penderita akan mengalami gejala bengkak dan nyeri pada sendi. Seiring waktu, tendon, sendi, dan bahkan tulang bisa mengalami kerusakan akibat piria.

Baca Juga: Hormon Insulin Berperan Penting dalam Mengontrol Gula Darah

3.     Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis memang lebih rentang dialami oleh wanita, terutama yang sudah berusia di atas 40 tahun. Radang sendi tersebut terjadi karena gangguan autoimun, sebuah kondisi dimana jaringan tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

Kondisi tersebut menyebabkan jari tangan membengkak dan terasa kaku. Bahkan akan muncul masalah lainnya seperti kelelahan, demam sampai mengalami penurunan berat badan. Perubahan bentuk sendi serta pengikisan tulang bisa dialami oleh penderita yang tidak

4.     Diabetes

Diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab jari tangan kaku. Walaupun penyebabnya belum diketahui dengan pasti, kondisi tersebut diduga terjadi akibat meningkatnya produksi kolagen yang berlebih didalam tendon.

Anda tentu akan khawatir jika tiba – tiba jari tangan terasa kaku. Sebagai langkah pertolongan pertama, Anda dapat segera mengistirahatkan jari dan tangan dari kegiatan yang sifatnya berulang untuk mengurangi terjadinya peradangan pada sendi. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan air dingin.

Lebih baik Anda tidak mengabaikan jari tangan kaku terlalu lama sebab bisa menyebabkan munculnya masalah kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter apabila gejala jari tangan kaku yang Anda alami tidak kunjung mereda, terlebih apabila timbul gangguan lainnya.

Kirim Komentar

Info Sebelumnya Info Berikutnya